Peternak Blitar Sembuhkan Ternak yang Terjangkit PMK dengan Obat Herbal – detikcom
By: Date: 24 Juni 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Blitar

Peternak sapi di Desa Bajang, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, menemukan obat alias jamu tradisional untuk sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). Obat itu terbuat dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar rumah. Selain itu, obat tradisional itu juga dipercaya bisa menyembuhkan PMK pada sapi-sapinya.

Peternak sekaligus penemu obat tradisional itu diketahui bernama Hadi (43). Dia mengaku, beberapa ekor sapinya mengalami gejala PMK. Yakni bagian mulut sapi mengeluarkan liur yang berlebihan. Kemudian, kuku pada kaki sapi juga mengalami luka.

“Sudah hampir seminggu yang lalu, sapi saya kena gejala PMK. Ya ngreges gitu, sama liurnya banyak. Bagian kuku juga ada lukanya,” katanya.

Hadi menyebutkan, sudah menghubungi petugas Dinas Peternakan, namun tidak bisa tertangani dengan cepat karena banyaknya kasus PMK. Akhirnya, dia memutuskan untuk meracik obat secara tradisional untuk sapi miliknya. Setelah diberikan kepada sapinya, mulai ada perubahan.

“Saya coba buat obat tradisional, ya dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar rumah. Pakai kunyit, temulawak, jahe, daun kelor, serai dan sebagainya,” terangnya.

Kemudian seluruh bahan yang telah disiapkan kemudian dicampur dan dihaluskan. Setelah itu, diambil air atau sari dari campuran bahan-bahan itu. Sehingga, air itulah yang digunakan untuk obat yang digunakan untuk menyembuhkan sapi dengan PMK.

Sedangkan, ampas bahan campuran itu juga masih bisa digunakan sebagai obat untuk bagian kuku sapi. Yakni dengan cara dioleskan pada bagian luka. Kemudian ditutup dengan kain.

“Kalau pas awal sakit, sapi diberikan obat ini satu botol berisi 1,5 liter sehari sekali. Kalau untuk pencegahan cukup 3 hari sekali saja,” imbuhnya.

Berkat obat tradisional buatannya itu, sapi sapi milik Hadi mulai sembuh. Air liur yang berlebihan sudah berkurang dan luka pada bagian kuku sudah mengering. Kini, tiga sapi pun sudah sembuh dan mau makan dengan banyak.

“Alhamdulillah sudah mulai membaik. Kebetulan tetangga juga banyak yang tanya untuk resep obat tradisional ini, dan saya selalu kasih tau. Biar terbantu dan sapi merea ikut sembuh,” pungkasnya.

Simak Video “Sopir Truk di Blitar Diciduk, Kedapatan Nyabu & Angkut Ribuan Miras
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)