Pohon Jati Multi Fungsi, Kayunya Berkelas, Daunnya untuk Pengobatan Alternatif – linkumkm.id
By: Date: 28 November 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,healthy tips,Info Sehat,Informasi Kesehatan,kesehatan,Kesehatan Umum,Tips Sehat

LINK UMKM –  Siapa yang tidak kenal pohon jati. Pohon ini sangat terkenal karena kayunya termasuk dalam kelompok kayu yang berkelas. Sementara daunnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari kompasiana.com Tectona grandis sp adalah nama ilmiah dari pohon jati.  Pohon ini sangat cocok di tempat yang memiliki curah hujan antara 1.200 – 2000 mm per tahun. Sementara ketinggian ideal bagi pertumbuhan jati adalah pada ketinggian 700 mdpl.

Keunggulannya, pada daerah yang memiliki kemarau panjang, pohon jati yang tumbuh akan memiliki lingkaran tahun yang bernilai artistik dan bersetetika tinggi.

Menurut GoldTeak, pohon jati cocok dengan suhu yang berkisar 27 derajad Celcius. Batang pohonnya lurus. Tinggi maksimalnya bisa mencapai 40 meter. Namun biasanya rata-rata tingginya adalah 9 – 11 meter. Diameter pohon jati antara 1,8 meter hingga 2,4 meter untuk yang pohonnya besar. Sedangkan biasanya rata-rata 0,9 – 1,5 meter. Ia dapat bertumbuh hingga ratusan tahun.

Hasil dari kayu jati banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan antara lain bahan bangunan, rangka pintu dan jendela, panel pintu, bantalan kereta api, perabot rumah tangga, karoseri badan truk,  dek kapal, dan lain-lain. Kayu jati juga sering digunakan sebagai bahan dasar furniture dan industri kayu baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kayu jati selain bagus warnanya, juga keras, padat dan mudah dikerjakan. Mutunya sangat terkenal.

Satu lagi, kayu jati merupakan salah jenis pohon yang tingkat pertumbuhannya lambat dan rendah. Maka tidak heran untuk bisa memanfaatkan kayunya, membutuhkan waktu yang cukup lama. Pohon jati termasuk ke dalam salah satu varietas kayu terbaik. Kualitas dan kekuatan dari pohon jati tidak diragukan lagi.

Berikut ini beberapa manfaat daun jati. Ekstrak daun jati membantu mengurangi gejala asma, membantu mengobati cacingan, dan perawatan kulit. Daun pohon jati juga kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah penyebab dari tumbuhnya sel kanker dan penuaan dini.

Daun jati juga bisa mempercepat penyembuhan luka karena dapat mempercepat perbaikan sel-sel dan jaringan kulit yang rusak. Manfaat lain dari daun jati adalah merangsang pertumbuhan rambut. Di samping itu, dari beberapa penelitian para ahli kesehatan disimpulkan bahwa daun jati juga berkhasiat mencegah pertumbuhan jamur.

Satu kekurangannya, karena daunnya tidak mudah busuk dan tidak mudah terbongkar menjadi bahan organik yang menyatu dengan tanah, daun-daun yang gugur akan menjadi timbunan sampah yang menumpuk. Hal ini menyebabkan mudahnya daun-daunnya menyulut kebakaran hutan di musim kemarau.

Kembali ke kayunya. Untuk benar-benar bisa menghasilkan kayu yang kualitasnya bagus, usia jati harus berusia kurang lebih 80 tahun. Dengan kata lain, semakin tua jati maka kayu jati yang dihasillan semakin bagus kualitasnya dan lebih kuat.

Itulah pohon jati. Sebuah pohon ajaib yang multifungsi. Kayunya dipuja-puji, daunnya juga serba guna.

***

GN/MRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *