Saatnya Beralih ke Pasta Gigi Khusus untuk Merawat Gigi Sensitif
By: Date: 13 Oktober 2020 Categories: Gigi dan Mulut,gigi sensitif,gigi terasa ngilu,Hidup Sehat,mengatasi gigi ngilu,merawat gigi sensitif,pasta gigi sensitif

Memiliki gigi sensitif bukanlah hal yang menyenangkan. Setiap kali makan atau minum dan bahkan saat membersihkan atau menyikat gigi, rasa ngilu seringkali muncul. Hal ini menjadi tanda bahwa sudah waktunya Anda perlu merawat gigi sensitif untuk mengurangi gejalanya dengan beralih ke pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Apa perbedaan pasta gigi biasa dan pasta gigi untuk gigi sensitif?

kode warna pasta gigi

Dikutip dari Mayo Clinic, gigi sensitif biasanya disebabkan oleh terkikisnya enamel gigi atau akar gigi yang terekspos (tidak lagi tertutupi). Selain itu, American Dental Academy menuturkan beberapa penyebab lain yang bisa memicu gigi sensitif:

Untuk mencegah terjadinya gangguan pada gigi, Anda dianjurkan untuk rutin menjaga kebersihan dengan menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari.

Pasta gigi yang terdapat dipasaran bisa berbentuk pasta, gel, atau serbuk. Setiap pasta gigi biasanya memiliki kandungan khusus yang ditujukan untuk kondisi atau merawat gigi tertentu.

Pada dasarnya kandungannya hampir sama, tetapi pasta gigi khusus gigi sensitif memiliki beberapa kandungan untuk membantu mengurangi gejala ngilu yang sering dirasakan.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih pasta gigi adalah:

ADVERTISEMENT

  • Mencegah kerusakan. Fluoride adalah pencegah kerusakan alami yang membantu menjaga kekuatan enamel gigi, misalnya dalam melawan gigi berlubang. Tidak semua pasta gigi mengandung fluoride, jadi pastikan untuk memilih pasta yang mengandung mineral satu ini.
  • Menekan sensitivitas. Penderita gigi sensitif perlu memilih pasta gigi jenis ini karena di dalamnya mengandung senyawa yang bisa membantu mengurangi gigi sensitif.
  • Memutihkan. Jika Anda ingin mendapat efek lebih putih pada gigi, sekarang ini beberapa pasta gigi menyediakan kandungan yang tak hanya bisa memberikan perlindungan, tapi juga memutihkan gigi.

Kandungan penting dalam pasta gigi khusus gigi sensitif

pasta gigi gigi berlubang

Manfaat atau fungsi dari pasta gigi yang telah disebutkan di atas merupakan salah satu cara untuk merawat gigi sensitif. Namun pertanyaannya adalah, apa saja kandungan atau senyawa yang memberikan efek atau dampak tersebut?

Berikut lebih dalam memahami kandungan pasta gigi yang mampu membantu menenangkan saraf gigi yang ngilu, menutup area gigi yang menyebabkan ngilu, dan membantu menebalkan enamel gigi pada penderita gigi sensitif.

Potasium nitrat dan sodium flouride

Potasium nitrat sudah lama digunakan sebagai zat dalam pasta gigi sensitif karena efeknya dalam mengurangi sensitivitas. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical and Experimental Dentistry pada tahun 2012.

Studi ini menyertakan 15 pasien gigi sensitif dan diberikan pasta gigi mengandung 5% potasium nitrat, sodium fluoride, dan beberapa senyawa. Hasilnya menunjukkan bahwa pasta gigi dengan kandungan potasium nitrat secara signifikan menurunkan sensitivitas.

Oleh karena itu, penggunaan kedua senyawa ini efektif dalam mengurangi gejala seperti rasa ngilu yang sering muncul.

NovaMin (calcium sodium phosphosilicate)

NovaMin merupakan senyawa yang juga ditemukan pada pasta gigi khusus gigi sensitif. Bukan tanpa alasan, berdasarkan penelitian tahun 2010 oleh Armed Force Medical Center, kandungan NovaMin yang juga terdapat potasium nitrat dalam pasta gigi yang digunakan dalam penelitian ini membantu mengurangi sensitivitas setelah dua dan empat minggu pemakaian.

Bahkan penelitian ini menekankan pasta gigi dengan NovaMin lebih baik dalam mengurangi gejala gigi sensitif dibandingkan dengan yang tidak mengandung senyawa satu ini.

Selain kedua kandungan tersebut, pasta gigi sensitif sekarang ini juga memberikan efek menyegarkan, seperti daun mint. Selain mendapat perlindungan dan rasa ngilu bisa berkurang, mulut bisa terasa segar sepanjang hari. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih pasta gigi dengan kandungan ini.

Gigi sensitif merupakan gangguan kesehatan yang tidak bisa disembuhkan secara instan. Anda perlu merawat gigi sensitif dengan rutin menggunakan media yang tepat, salah satunya pasta gigi sensitif. Jika merasa sensitivitas gigi tidak kunjung mereda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Let’s block ads! (Why?)