[SALAH] Air Panas Sipaholon Tapanuli Utara Berhenti Mengalir Akibat Gempa
By: Date: 31 Oktober 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, Air Panas Sipaholon tidak behenti mengalir. Menurut keterangan dari pengelola kawasan sumber air panas di sana, Air Panas Sipaholon hanya berubah arah aliran dan saat ini sudah mengalir seperti keadaan semula.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: TIKTOK
Archive.fo/RVunT

=====
[NARASI]:

“Akibat Gempa air panas sipaholon mati Semoga lekas pulih”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video melalui media sosial Tiktok, berisi informasi yang menyatakan bahwa Pemandian Air Panas Sipaholon di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, berhenti mengalir akibat gempa yang terjadi pada hari Sabtu, 01 Oktober 2022. Gempa berkekuatan 6.0 SR ini memang memberikan banyak dampak kerusakan, seperti kerusakan bangunan, jalanan yang retak, dan korban jiwa.

Namun setelah menelusuri informasi mengenai keadaan Pemandian Air Panas Sipaholon, diketahui ternyata pemandian air panas yang sangat terkenal di Tapanuli ini tidak berhenti mengalir. Melansir dari Kompas.com, Herbet Silaban, pengelolan kawasan sumber air panas di Sipaholon, membantah kabar di media sosial soal keringnya sumber air panas Sipaholon.

“Bukan mongering, namun beralih arah aliran. Ternyata air tersebut tidak jalan pada jalur yang sebelumnya,” ujar Herbet.

Peralihan air panas tersebut terjadi pada Sabtu, 01 Oktober 2022 pukul 03.00 WIB hingga 17.00 WIB. Namun saat ini, air panas Sipaholon sudah kembali normal dan para pengunjung sudah dapat menikmatinya kembali. 

=====
[REFERENSI]:

https://medan.kompas.com/read/2022/10/03/122442478/aliran-sumber-air-panas-di-tapanuli-utara-berubah-setelah-diguncang-gempa

=====

Editor: Bentang Febrylian