[SALAH] Akun Facebook Asisten I Kota Padang
By: Date: 31 Agustus 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Akun tersebut merupakan akun palsu. Asisten I Setda Kota Padang, yakni Edy Hasymi mengatakan bahwa akun pribadinya hanya yang menggunakan foto profil dirinya sedang bermain golf. Selain dari foto tersebut, akun tersebut adalah akun palsu.

= = = =

KATEGORI: imposter content atau konten tiruan

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://www.facebook.com/edi[dot]hasymi.7

= = = =

PENJELASAN:

Terdapat sebuah akun Facebook Asisten I Setda Kota Padang dengan nama pengguna Edi Hasymi. Akun tersebut dalam kurun waktu dua bulan ke belakang aktif dalam membagikan foto-foto kegiatan dirinya dan juga banyak mengirimkan permintaan pertemanan.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Asisten I Setda Kota Padang, Edy Hasymi mengatakan bahwa akun pribadinya hanyalah akun yang menggunakan foto profil dirinya sedang bermain golf (https://www.facebook.com/edi.hasymi.1). Jika terdapat akun yang menggunakan namanya namun foto profilnya berbeda, maka akun tersebut adalah akun palsu. Edy Hasymi mengetahui bahwa terdapat akun palsu yang mengatasnamakan dirinya dari seorang ASN yang dikirimi pesan pribadi dan berisikan permintaan dukungan sebagai Wakil Walikota Padang.

Dengan demikian akun Facebook dengan nama pengguna Edi Hasymi tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://sumbar.suara.com/read/2021/03/21/210411/beredar-akun-palsu-asisten-i-kota-padang-ini-klarifikasi-edy-hasymi
  2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/33432/hoaks-akun-facebook-mengatasnamakan-asisten-i-sekretariat-daerah-kota-setdako-padang/0/laporan_isu_hoaks

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian