[SALAH] Akun WhatsApp Wali Kota Magelang dengan Nomor “081358908928” Melakukan Penggalangan Donasi Berupa Uang untuk Pondok Pesantren dan PAUD
By: Date: 24 Mei 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Kota Magelang, yaitu Triyamto Sutrisno menyatakan bahwa pesan WhatsApp terkait penggalangan donasi dengan mengatasnamakan Wali Kota Magelang tersebut ialah informasi salah.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Tiruan

===

Sumber: WhatsApp

===
Narasi:
“Assalamualaikum. wr wb”.
“sebelumnya saya perkenalkan saya dengan bpk H. Muchamad Nur Aziz selaku walikota magelang saya mau menggalang donasi berupa uang untuk berbagai yayasan ponpes dan sekolah paud. Apa benar ini saya berbicara dengan pengurus yayasan /kpl sekolah paud”.

===

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wali Kota Magelang, yaitu dr. H. Muchamad Nur Aziz, Sp. PD., KGH melalui nomor 081358908928 terkait dengan penggalangan donasi berupa uang untuk Yayasan Pondok Pesantren dan Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Namun melansir dari detik.com, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Kota Magelang, yaitu Triyamto Sutrisno menyatakan bahwa pesan WhataApp terkait penggalangan donasi berupa uang dengan mengatasnamakan Wali Kota Magelang tersebut ialah informasi yang salah.

Selain itu, melansir dari akun Instagram resmi Pemerintah Kota Magelang, yaitu @magelang_raya, pihak Pemkot Magelang mengimbau kepada masyarakat Kota Magelang untuk tidak menanggapi apabila mendapat pesan WhatasApp terkait penggalangan donasi dengan mengatasnamakan Wali Kota Magelang melalui nomor 081358908928, karena hal tersebut ialah modus penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Melansir dari akun Instagram pribadi Wali Kota Magelang, yaitu @dokter_aziz_, Wali Kota Magelang tersebut pun kembali menegaskan bahwa nomor WhatsApp yang mengatasnamakan dan menggunakan foto dirinya terkait penggalangan donasi ialah modus penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati hati ya dengan modus penipuan seperti itu.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait akun WhatsApp Wali Kota Magelang dengan nomor “081358908928” melakukan penggalangan donasi berupa uang untuk pondok pesantren dan PAUD ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten tiruan.

Referensi:
https://www.instagram.com/p/CddEg5eLqXS/
https://www.detik.com/jateng/berita/d-6075305/nama-walkot-magelang-dicatut-penipu-minta-donasi-lewat-wa
https://www.instagram.com/p/CddSWXyrtRa/

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian