[SALAH] Banyak Orang Meninggal Akibat Memakan Ikan yang Terkontaminasi HIV
By: Date: 20 Maret 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Faktanya Virus HIV tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia, sehingga tidak dapat bereproduksi di luar inang manusia. Pakar menyebut tidak ada risiko tertular HIV dari makanan yang terkontaminasi. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/n2uWC

= = =

Narasi:

“Ct.

Dari messenger.

Semua orang telah diberitahu bahwa kami tidak boleh makan hari ini karena laut tengah dipenuhi dengan tabung dari rumah sakit yang berasal dari h.i.v. banyak orang yang meninggal di cdo 372, iligan 24, gingoog 18, valencia 18, maramag 18, opol 11 itu yang terbunuh karena makan ikan, biar gak ada yang makan satupun ikan kasi ke semua pesan ini orang biar tau

Copy paste diteruskan dari DOH, Bayugan”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan di Facebook dalam bahasa Filipina bahwa banyak orang meninggal akibat dari makan ikan, dalam unggahan tersebut juga disebutkan jumlah orang yang meninggal dari berbagai daerah di Filipina. Ikan yang dikonsumsi tersebut telah terkontaminasi oleh HIV, karena laut sedang dipenuhi oleh tabung dari rumah sakit yang berasal dari HIV. Dalam unggahan tersebut juga menyebut bahwa pesan tersebut di-forward dari Departemen of Health (DOH).

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa penularan HIV melalui konsumsi ikan sehingga dapat menyebabkan manusia meninggal, selain itu virus HIV tidak dapat tertular dari makanan yang terkontaminasi. Mengutip dari AFP, bahwa pihak Departemen of Health (DOH) Filipina membantah telah menyebarkan pesan yang tidak benar tersebut.

Asisten direktur regional DOH, Dr. Sadaila Raki-in melalui AFP menyebut bahwa penularan HIV dari tabung reaksi yang terkontaminasi ke ikan dan kemudian ke manusia tidak mungkin terjadi. Department of Health and Human Services Amerika Serikat melalui laman resmi hiv.gov, menyebut bahwa HIV dapat tertular melalui cairan tubuh seperti ASI, cairan mani, cairan vagina, dan cairan dubur yang masuk ke aliran darah manusia.

Dengan demikian, banyak orang meninggal akibat memakan ikan yang terkontaminasi HIV adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33A86W4

https://www.hiv.gov/hiv-basics/overview/about-hiv-and-aids/how-is-hiv-transmitted/

===