[SALAH] Boy William Mualaf Demi Menikahi Ayu Ting-Ting
By: Date: 26 Mei 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa Boy William telah resmi mualaf karena ingin menikahi Ayu Ting-Ting. Faktanya hal tersebut tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
Youtube: https://archive.cob.web.id/archive/1684901505.233168/singlefile.html

====
[NARASI]:
“HARI INI || RESMI MUALAF! BOY WILLIAM DAN AYU TING-TING MANTAPKAN HATI MENUJU HALAL DEMI BILQIS”

====

[PENJELASAN]:
Pada 14 Mei 2023 sebuah channel youtube dengan nama CCTV Seleb (https://www.youtube.com/@CCTVSELEB/videos) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa salah seorang artis ternama asal Indonesia, Boy William telah resmi menjadi seorang mualaf karena ingin menikahi Ayu Ting-Ting.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, apa yang disampaikan pada klaim judul dan thumbnail tidak sesuai dengan apa yang disampaikan di dalam video. Hal tersebut dikarenakan pengunggah justru lebih menjelaskan perihal kedekatan di antara Ayu dan Boy William tanpa sedikitpun membahas mengenai Boy William yang menjadi mualaf.

Tak hanya itu, potongan video yang digunakan di dalam konten tersebut pun juga tidak mendukung klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Contohnya saja pada menit ke 0:12 yang merupakan potongan vlog yang diunggah pada channel youtube Boy William pada 4 Februari 2018 lalu yang hanya berisikan konten Boy William dan Ayu Ting-Ting yang berbicara di dalam mobil tanpa sedikitpun membahas perihal agama.

Kemudian, memantau di laman instagram Boy William, pada 10 Mei 2023 Boy William baru saja melakukan ibadah Melukat yang dilakukan oleh umat Hindu. Hal tersebut mempertegas bahwa Boy William tidak menjadi mualaf.

Oleh karena itu, konten dengan klaim Boy William yang menjadi mualaf adalah konten yang tidak benar karena hingga saat ini masih belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut.

==========

[REFERENSI]
[1] https://youtu.be/oObIBxr9Ong
[2] https://www.instagram.com/p/CsEGTnJv-Su/