[SALAH] “FIFA BERI PAKET DATA 50GB UNTUK MENONTON PIALA DUNIA”
By: Date: 2 Desember 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang salah. Tautan mengatasnamakan FIFA tersebut adalah tautan palsu, setelah ditelusuri melalui situs resmi FIFA.com tidak ada pemberitahuan tentang pembagian kuota tersebut.

=====

[KATEGORI] KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]
https://archive.cob.web.id/archive/1669686480.531134/singlefile.html

=====

[NARASI]
FIFA BERI PAKET DATA 50GB UNTUK MENONTON PIALA DUNIA

=====

[PENJELASAN]

Mengutip kompas.com, modus serupa juga ternyata juga ditemukan di negara lain yang mengatasnamakan FIFA. Dilansir dari Factly.in, Rabu (23/11/2022), tautan yang beredar secara cepat itu menawarkan paket data 50gb untuk menonton Piala Dunia, yang sudah dipastikan postingan itu adalah penipuan.

Saat mengakses tautan yang disediakan di situs web yang meragukan itu, langsung mengarahkan pengguna ke halaman lain yang meminta pengguna untuk memberi detail nomer ponsel untuk memeriksa apakah nomer ponsel yang diberikan memenuhi syarat untuk penawaran tersebut, selanjutnya pengguna dialihkan lagi ke halaman yang meminta pengguna untuk membagikan tautan pendaftaran tersebut.

Faktanya situs web ini tidak menyediakan paket data sebesar 50gb gratis untuk orang-orang yang ingin menonton Piala Dunia, oleh karena itu klaim yang dibuat dalam postingan tersebut adalah tidak benar.

[REFERENSI]

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/11/24/165609682/hoaks-fifa-memberi-paket-data-50-gb-untuk-menonton-piala-dunia

https://factly.in/these-dubious-websites-alluring-50-gb-free-data-plans-amid-the-fifa-world-cup-2022-are-fraudulent/

https://youtu.be/SNxavTINhUc