[SALAH] Foto Polisi India dengan Poster Tulisan “I STAND WITH ISRAEL”
By: Date: 31 Mei 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah. Foto tersebut adalah foto yang diambil dan disunting dari sebuah video tentang pencegahan Covid-19 oleh polisi Jodhpur, India pada 26 April 2020.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/MEykf

= = = = =

NARASI:

“#IsraelPalestine
#ISupportIsrael
#HamasTerrorists

Every Indian Stands with Israel :)”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar informasi dari akun Twitter @Asli_Shivani berupa sebuah foto yang diketahui adalah seseorang dengan seragam polisi India dengan poster bertuliskan “I STAND WITH ISRAEL”. Postingan tersebut disukai 406 kali, dikomentari 114 kali, dan diretweet sebanyak 80 kali.

Setelah melakukan penelurusan, sebuah video pencegahan Covid-19 oleh kepolisian Jodhpur yang diposting akun Facebook Shayari from my “heart” terdapat foto yang serupa dengan poster dalam bahasa Hindi yang diterjemahkan berarti “Saya mempunyai seorang anak berumur 2 tahun”. Video ini diposting pada 26 April 2020 dengan caption yang jika diterjemahkan adalah sebagai berikut :

“Untuk mencegah tertularnya Covid_19 di Jodhpur, sebagai bidadari berseragam khaki dari Polsek Jodhpur, dengan tugas penuh, ia sibuk siang malam dalam pengamanan rakyat jelata meski dalam keadaan ganjil.
Kami semua dengan sepenuh hati mengucapkan selamat kepadanya atas kerja keras, pengabdian, dan dedikasinya yang luar biasa.”

Melihat dari penjelasan tersebut, foto polisi India dengan poster “I STAND WITH ISRAEL” adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.facebook.com/watch/?v=613220892884501

https://www.youtube.com/watch?v=DtOWE6qRnSE

https://www.facebook.com/watch/?v=222098149052530

Penulis: Natalia Kristian
Editor: Bentang Febrylian