[SALAH] Foto Presiden Joe Biden dan Volodymyr Zelenskyy Bergandengan Tangan
By: Date: 28 Februari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Hasil foto suntingan. Pada foto yang asli, Presiden Joe Biden dan Volodymyr Zelenskyy berjalan beriringan namun tidak bergandengan tangan.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/gxiJl

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Ini adalah foto yang paling menyedihkan. Zelensky memegang tangan Joey supaya dia tidak pergi kemana-mana”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @atensnut mengunggah foto yang memperlihatkan Presiden Joe Biden dan Volodymyr Zelenskyy bergandengan tangan, yang dilengkapi dengan klaim bahwa Presiden Zelenskyy harus memegang tangan Biden supaya Joe Biden tidak pergi kemana-mana. Cuitan dan foto yang diunggah pada 21 Februari lalu tersebut telah disukai hampir 5,000 orang serta telah dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 1,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut adalah hasil suntingan. Portal berita New York Times telah menulis berita dengan foto serupa. Pada berita tersebut, terlihat bahwa Presiden Joe Biden dan Volodymyr Zelenskyy berjalan beriringan, namun tidak berpegangan tangan. Foto tersebut diambil oleh fotografer New York Times bernama Daniel Berehulak yang ditugaskan saat Joe Biden mengunjungi Ukraina pada 20 Februari silam.

Selain itu, Daniel Berehulak mengunggah hasil fotonya tersebut ke Instagram pribadinya, yang juga memperlihatkan Presiden Joe Biden dan Volodymyr Zelenskyy tidak bergandengan tangan.

Dengan demikian, cuitan dan foto yang disebarluaskan oleh @atensnut merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.nytimes.com/live/2023/02/20/world/russia-ukraine-war

https://www.instagram.com/p/Co5TWXorpNC/