[SALAH] Foto Presiden Jokowi Menghadiri KTT G20 Tahun 2021
By: Date: 30 November 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, foto cuitan itu diambil saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang pada 28 Juni 2019.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/vu6GB

====

Narasi:

“Perhatian banyak pemimpin negara G20 ke pakde @jokowi saat ini, bukan saja karena ia seorang Presiden, tapi ia adalah Presiden dari negara ke 4 terbesar di dunia yang sdg menuju menjadi negara besar di Asia Tenggara.

Baru pernah punya Presiden.. ?”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Denny siregar (@Dennysiregar7) mengunggah cuitan berupa foto Presiden Joko Widodo bersama beberapa pemimpin negara lainnya saat menghadiri G20 tahun 2021 ini. Cuitan itu mendapat atensi berupa 942 retweet, 5.499 suka, dan 783 balasan.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan itu adalah foto lama di luar konteks G20 tahun 2021. Foto tersebut ditemukan pada berita Tribunnews berjudul “4 Momen Jokowi di KTT G20: Banjir Ucapan Selamat, Dapat Permen dari Trump, Diapit Erdogan-Macron” yang terbit pada 28 Juni 2019. Foto yang sama juga diunggah oleh akun Instagram resmi Kementerian Sekretarian Negara (@kemenstneg.ri) pada 28 Juni 2019 dengan narasi sebagai berikut.

“Dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, Presiden Joko Widodo menerima banyak ucapan selamat atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Indonesia dalam pemilihan presiden 2019.

Kepala Protokol Negara Andri Hadi yang mendampingi dan berada dekat dengan Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa hampir semua kepala negara/kepala pemerintahan yang bertemu Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat.

““Congratulation.. congratulation,” kata Andri Hadi menirukan ucapan pertama para kepala negara/kepala pemerintahan ketika bertemu Presiden Jokowi.

Para kepala negara/kepala pemerintahan itu di antaranya Presiden Amerika Serikat Donald Trump, PM Jepang Shinzo Abe, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, PM Australia Scott Morrison, PM Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Giuseppe Conte, PM Inggris Theresa May, PM India Narendra Modi dan Presiden Spanyol Pedrosan Chez.

Selain itu, turut pula memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi adalah Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden”

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Twitter Denny siregar (@Dennysiregar7) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

=====

Referensi:

https://www.tribunnews.com/nasional/2019/06/28/4-momen-jokowi-di-ktt-g20-banjir-ucapan-selamat-dapat-permen-dari-trump-diapit-erdogan-macron

https://www.instagram.com/p/BzPpJUpArH-/

Editor: Bentang Febrylian