[SALAH] GAMBAR MEGAWATI DAN PUAN BERMAIN SLOT
By: Date: 28 Februari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, gambar tersebut telah diedit. Foto aslinya dapat dilihat melalui unggahan di akun Instagram resmi Puan Maharani. Foto ini merupakan foto dari Megawati dan Puan yang bersilaturahmi secara virtual dengan Presiden RI, Joko Widodo pada Mei 2022 lalu.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: FACEBOOK

https://archive.vn/DMQ83

https://web.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3664065010487939/

=====

[NARASI]:

“Nenek lampir pemimpin partai banteng bercula satu lagi main slot bersama anaknya kang matiin mic

Kapan lu tobat nek

Semoga om ganjar keluar dari partainya nenek lampir partai banteng bercula satu

#Cuma orang goblok yang mau jadi babunya nenek lampir partai banteng bercula satu”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook, Pemimpin Partai PDI-Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, bersama putrinya, Puan Maharani, memegang sebuah ponsel dengan tampilan permainan judi slot. Dalam unggahannya, akun bernama Kang Dadang ini menambahkan narasi sebagai berikut:

“Nenek lampir pemimpin partai banteng bercula satu lagi main slot bersama anaknya kang matiin mic”

Namun setelah melakukan penelusuran terkait dengan gambar di dalam unggahan ini, ditemukan sebuah fakta yang menunjukkan bahwa unggahan foto ini adalah hasil editan. Dengan menggunakan pencarian Google Search Image, kondisi asli dari gambar Megawati Soekarno Putri dengan Puan Maharani ini tidak sedang bermain permainan slot.

Melansir dari artikel Detik.com, foto ini berasal dari unggahan Puan Maharani di akun Instagram pribadinya pada 2 Mei 2022 lalu. Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani bersilaturahmi Lebaran 2022 dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Silaturahmi Lebaran Megawati, Puan, dan Jokowi ini dilakukan secara virtual.

“Berlebaran ke rumah mama juga bersilaturahmi secara virtual dengan Presiden @jokowi & Ibu Negara,” kata Puan di akun Instagramnya, Senin (2/5/2022). Puan juga mengunggah foto bersama Megawati saat video call bersama Jokowi. Tampak para tokoh itu semringah saat silaturahmi Lebaran.

Jadi dapat disimpulkan bahwa unggahan yang menunjukkan bahwa Megawati Soekarno Putrid dan Puan Maharani memegang ponsel dengan permainan slot merupakan gambar editan dan termasuk ke dalam kategori konten yang dimanipuasi atau manipulated content.

=====

[REFERENSI]:

https://news.detik.com/berita/d-6061452/megawati-dan-puan-video-call-dengan-jokowi-saat-lebaran

https://www.suara.com/news/2022/05/02/195830/senyum-semringah-megawati-saat-video-call-dengan-jokowi-di-hari-lebaran-pertama

Editor: Adi Syafitrah