[SALAH] Gunung Semeru Meletus Menelan Ratusan Nyawa
By: Date: 31 Januari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Video dengan klaim Gunung Semeru Meletus hingga mengakibatkan satu dusun ludes seketika dan ratusan nyawa melayang adalah konten dengan kategori koneksi yang salah dikarenakan judul dan keterangan tidak sesuai dengan isi konten.

=========

[KATEGORI]

Koneksi yang Salah

========

[NARASI]

“Berita hari ini! Satu Dusun Ludes Seketika, Ratusan Nyawa Melayang

Sumber: Facebook

https://archive.cob.web.id/archive/1675090499.590969/singlefile.html

==========

[PENJELASAN]

Pada Sabtu, 28 Januari 2023 sebuah akun facebook dengan nama Gost mengunggah sebuah video dengan klaim meletusnya Gunung Semeru yang berakibat pada satu dusun habis tak bersisa dan ratusan jiwa melayang. Namun, faktanya dikutip dari detik news (https://news.detik.com) erupsi yang terjadi pada Gunung Semeru pada tahun 2023 ini tidak berdampak fatal pada penduduk di sekitar kawasan gunung hingga mengakibatkan ratusan nyawa melayang.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, video yang ditampilkan di dalam konten tersebut juga bukanlah video asli dari kejadian erupsi Gunung Semeru pada Januari 2023 melainkan gabungan dari video-video meletusnya gunung berapi di seluruh dunia. Salah satunya seperti video letusan gunung Mauna Loa di Hawaii yang terjadi pada tahun 2022 lalu. Selain itu, narasi yang disampaikan di dalam video pun juga tidak mendukung klaim yang disampaikan pada keterangan video melainkan hanya menjelaskan bagaimana kronologi erupsi gunung terjadi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://news.detik.com/berita/d-6515077/gunung-semeru-erupsi-lagi-asap-meletus-setinggi-700-meter

[2] https://www.youtube.com/watch?v=OiB8_fwwxPc