[SALAH] Ibunda Ashanty Meninggal Januari 2023
By: Date: 31 Januari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Video dengan klaim Ashanty yang ditinggal oleh ibundanya tepat setelah terjadinya insiden pencurian tas mewah di kediamannya adalah konten dengan kategori konteks yang salah dikarenakan adanya konten asli yang kemudian dipadankan dengan konteks informasi yang salah. 

=========

[KATEGORI]

Konteks yang Salah

========
[NARASI]
“INNALILLAHI: Setelah Pencurian di Rumah Ashanty, Kini Beliau di Tinggal Orang Tercinta”

Sumber: Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1675066316.679344/singlefile.html
==========

[PENJELASAN]

Beberapa waktu ini dunia maya dihebohkan dengan peristiwa pencurian 14 tas mewah milik salah satu artis ternama Indonesia, Ashanty istri dari Anang Hermansyah yang hingga kini masih belum mereda. Tak lama berselang setelah peristiwa tersebut, sebuah channel youtube dengan nama Rasis (https://www.youtube.com/@rasis2143) pada 29 Januari 2023 mengunggah sebuah konten dengan klaim Ashanty yang ditinggal salah satu orang tercintanya tepat setelah terjadinya insiden pencurian tersebut.

Narasi yang disampaikan oleh pengunggah konten tersebut menyebutkan bahwa orang tercinta yang dimaksud ialah ibunda dari Ashanty, yakni Ratu Farida Hanum. Namun, setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, dikutip dari liputan6 (https://www.liputan6.com) pada 6 November 2016, ibunda Ashanty telah meninggal dunia pada hari Minggu sore, 6 November 2016 akibat terjatuh di kamar mandi. Sehingga, klaim yang disampaikan oleh akun youtube Rasis mengenai ibunda Ashanty yang meninggal tepat setelah terjadinya insiden pencurian di rumah Ashanty terbukti salah.

==========
[REFERENSI]
https://www.liputan6.com/showbiz/read/2645078/ibunda-ashanty-meninggal-dunia