[SALAH] Ilmuwan Jerman Mengumumkan bahwa Berkumur dengan Air Garam dapat Menghilangkan Virus Covid-19
By: Date: 28 Februari 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila

Hal tersebut tidak benar. Tidak ada penelitian resmi dan valid yang membenarkan pernyataan tersebut. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = =

KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Tangkapan layar Whatsapp
https://archive.fo/rlicl

= = = =

NARASI:

“Akhirnya virus Corona hilang dengan Cara Pencegahan Jerman ini.

Ilmuwan Jerman mengumumkan, setelah serangkaian penelitian, bahwa virus Corona tidak hanya berkembang biak di paru-paru seperti virus SARS pada tahun 2002, tetapi juga menyebar luas di tenggorokan selama minggu pertama infeksi

Dan kini, setelah mengumumkan hasil eksperimen yang dilakukan oleh ahli biologi Jerman tentang perkembangbiakan virus Corona di tenggorokan, mereka kembali menekankan perlunya berkumur dengan larutan air dan garam yang agak panas. 

Ilmuwan Jerman meyakinkan Kementerian Kesehatan Jerman : Jika semua orang mau beberapa kali sehari berkumur dengan larutan air garam agak-panas, maka virus akan sepenuhnya hilang di seluruh Jerman dalam waktu seminggu.

[…]

(Lanjutan narasi dicantumkan setelah referensi)

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui pesan Whatsapp yang menginformasikan bahwa Ilmuwan Jerman menemukan cara untuk menghilangkan virus Covid-19, yaitu dengan berkumur dengan air garam panas.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Tidak ada pernyataan resmi dan valid bahwa berkumur dengan air garam panas dapat menghilangkan virus Covid-19. Selain itu, narasi pesan Whatsapp tersebut tidak menyebutkan secara spesifik nama Ilmuwan Jerman yang memberikan klaim dan tidak ada berita atau penelitian dari Jerman yang menginformasikan hal tersebut.

Dengan demikian, narasi pada pesan Whatsapp yang menginformasikan bahwa Ilmuwan Jerman menyebutkan berkumur dengan air garam panas dapat menghilangkan virus Covid-19 tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

https://www.thequint.com/news/webqoof/german-scientists-have-not-said-gargle-with-warm-alkaline-water-will-kill-covid-19#read-more

= = = =

(Lanjutan narasi)

Eksperimen telah menunjukkan bahwa dengan berkumur dengan larutan air dan garam, kita terus-menerus mengubah tenggorokan kita menjadi lingkungan yang sepenuhnya basa, dan lingkungan ini adalah lingkungan terburuk untuk virus corona, karena dengan air garam, pH mulut berubah menjadi basa. pH, dan jika kita berkumur beberapa kali sehari dengan berkumur dengan air garam agak panas, kita tidak memberi kesempatan pada virus corona untuk berkembang biak

Oleh karena itu, semua orang perlu berkumur dengan larutan garam agak panas beberapa kali sehari sehari terutama di pagi hari dan sebelum meninggalkan rumah dan setelah kembali ke rumah, agar tidak memungkinkan virus Corona berkembang biak sama sekali. dalam periode awal yang sama.

Yuk ajak semua orang untuk menerapkan tips kesehatan yang penting dan sederhana ini dengan penuh komitmen.

Saat artikel ini menjadi viral, Anda juga akan berada di lingkaran mereka yang memerangi penyebaran virus corona.

Good bye …  !!! ???????????????????????? Corona … Covid … Delta … Omicron … atau apapun itu namamu …”

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian