[SALAH] Kas Negara Menipis Maruf Amin Minta Masyarakat Bantu Pemerintah
By: Date: 31 Desember 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya informasi ini merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Hasil tangkapan layar tersebut merupakan hasil editan dan judul pada artikel asli telah diganti.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT/Konten Palsu

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1671160807.352721/singlefile.html
https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3593907864170321/

======
[NARASI]:

“Ma’ruf Amin kas negara menipis minta tolong rakyat bantu Pemerintah negara kesusahan”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook, gambar tangkapan layar sebuah artikel berita dengan judul “Ma’ruf Amin kas negara menipis minta tolong rakyat bantu Pemerintah negara kesusahan”. Tangkapan layar artikel yang diunggah akun Facebook bernama Sultan ini, juga turut menampilkan foto dari Wakil Presiden RI tersebut.

Namun setelah melakukan penelusuran terkait dengan kebenaran informasi ini, ditemukan hasil penelusuran yang membuktikan bahwa informasi ini merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Hoaks ini pernah muncul pada bulan Agustus tahun 2022 dengan model hoaks yang sama.

Melansir dari pencarian di laman Google, tidak ditemukan sebuah artikel dengan judul seperti yang ada di dalam tangkapan layar. Lalu dengan penelusuran dengan menggunakan Google Search Image, foto Maruf Amin yang ada di dalam tangkapan layar artikel tersebut mirip dengan foto yang ada di dalam sebuah artikel periksa fakta dari media Pikiran-Rakyat.com yang berjudul “Maruf Amin Mengundurkan Diri Jokowi Tunjuk Prabowo Subianto jadi Wapres. Begini Faktanya”.

Jadi dapat disimpulkan, tangkapan layar dengan judul “Ma’ruf Amin kas negara menipis minta tolong rakyat bantu Pemerintah negara kesusahan”, merupakan hoaks kategori fabricated content atau konten palsu.

======
[REFERENSI]:

https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/5060275/cek-fakta-tidak-benar-kas-negara-tipis-maruf-amin-minta-rakyat-sisihkan-harta-bantu-pemerintah-dalam-judul-artikel-ini

https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-143390639/maruf-amin-resmi-mengundurkan-diri-jokowi-tunjuk-prabowo-subianto-jadi-wapres-begini-faktanya

=====
Editor: Bentang Febrylian