[SALAH] “KPK Berhasil Temukan Aliran Dana Hibah Sebesar 10M di Rumah Anies”
By: Date: 30 November 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah. Faktanya informasi yang beredar tersebut tidak mendasar dan tidak ada informasi yang valid terkait keberhasilan KPK dalam menemukan aliran dana hibah sebesar 10M di rumah Anies Baswedan.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook
https://bit.ly/317daEF

Arsip Sumber
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/11/SALAH-KPK-Berhasil-Temukan-Aliran-Dana-Hibah-Sebesar-10M-di-Rumah-Anies.pdf

= = =
Narasi:
“BERITA TERBARU ~ Kpk Berhasil Temukan Aliran Dana Hibah Sebesar 10 M Dirumah anies”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah informasi melalui media sosial Facebook dengan klaim bahwa KPK berhasil menemukan aliran dana hibah sebesar 10M di rumah Anies Baswedan. Diketahui dana hibah sebesar 10M tersebut diperuntukkan bagi MUI untuk membuat Tim Cyber Army yang memiliki tugas untuk membela ulama dan Anies dari serangan dunia maya.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada informasi yang kredibel terkait temuan KPK yang menemukan aliran dana hibah sebesar 10M di rumah Anies Baswedan. Selain itu, dilansir dari Medcom.id MUI DKI Jakarta juga membantah klaim membuat Tim Cyber Army yang ditugaskan untuk membela ulama dan Anies Baswedan dari serangan dunia maya. Wagub DKI Jakarta melalui Kompas.com menegaskan bahwa dana hibah yang diberikan melalui Biro Pendidikan dan Mental Spiritual DKI Jakarta kepada MUI DKI Jakarta tidak ada kaitannya dengan pembentukan Cyber Army.

Hoaks serupa sempat beredar pada pertengahan bulan oktober lalu dan pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoaks yang berjudul “[SALAH] Pasca Diperiksa 8 Jam, KPK Temukan Uanh Triliunan Dirumah Rahasia Pak Gub”.

Dengan demikian klaim KPK berhasil temukan aliran dana hibah sebesar 10M di rumah Anies Baswedan merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =
Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/MkMqzXvk-cek-fakta-kpk-berhasil-temukan-aliran-dana-hibah-rp10-miliar-di-rumah-anies-baswedan-ini-faktanya

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/11/22/11532541/wagub-dki-tegaskan-dana-hibah-rp-10-miliar-tak-ada-kaitannya-dengan-tim#:~:text=Tahun%202022%2C%20DKI%20Jakarta%20menganggarkan,senilai%20Rp%207%2C9%20miliar.

= = =
Editor: Bentang Febrylian