[SALAH] Mahfud MD Resmi Bubarkan Ponpes Al Zaytun
By: Date: 12 Juli 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Menko Polhukam Mahfud MD resmi membubarkan Pondok Pesantren Al Zaytun merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan bukti valid mengenai kabar tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1688960962.141046/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “MAHFUD RESMI BUBARKAN AL ZAYTUN, DIANGGAP TEMPAT ALIRAN S£SAT & P3NC4BUL4N”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube KABAR NEWS (https://www.youtube.com/@kabarnews672) pada 1 Juli 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Mahfud MD, resmi membubarkan Pondok Pesantren Al Zaytun karena dianggap sebagai tempat pengajaran aliran sesat dan pencabulan.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ada informasi resmi dan bukti valid mengenai kabar pembubaran ponpes yang berada di Jawa Barat tersebut.

Terkait polemik yang terjadi di Ponpes Al Zaytun, Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah telah mengambil sikap untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara pidana dan administrasi negara. Mahfud MD juga mengungkap bahwa ia akan terus melakukan koordinasi dengan Pemprov Jawa Barat yang sudah membentuk tim investigasi untuk menangani adanya dugaan penyimpangan di pesantren tersebut.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube KABAR NEWS merupakan konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:

https://metro.suara.com/read/2023/07/03/174013/cek-fakta-mahfud-md-resmi-bubarkan-ponpes-al-zaytun-karena-dianggap-aliran-sesat
https://wartakota.tribunnews.com/2023/06/25/tegas-soal-al-zaytun-dan-panji-gumilang-mahfud-md-akan-diselesaikan-secara-hukum-pidana?page=all
https://video.tempo.co/read/34156/mahfud-md-ungkap-tindakan-soal-dugaan-penyimpangan-di-ponpes-al-zaytun