[SALAH] MAKIN PANAS.! LAGU LESTI INSAN BIASA BUAT IRFAN HAKIM TERSINDIR, BUYA YAHYA PERINGATKAN DEPE & IRFAN.
By: Date: 26 Maret 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah.
Unggahan video dengan klaim Buya Yahya peringatkan Irfan Hakim dan Dewi Persik. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya. Unggahan tersebut hanya berisikan video-video TikTok yang mengomentari Dewi Persik dan video dukungan terhadap Lesti dengan lagu barunya.

=========
[KATEGORI]: Koneksi yang salah.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1679623038.621376/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI:]
“MAKIN PANAS.! LAGU LESTI INSAN BIASA BUAT IRFAN HAKIM TERSINDIR, BUYA YAHYA PERINGATKAN DEPE & IRFAN”.

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube MAKANTU GOSIP pada 20 Maret 2023 mengunggah video dengan judul “MAKIN PANAS.! LAGU LESTI INSAN BIASA BUAT IRFAN HAKIM TERSINDIR, BUYA YAHYA PERINGATKAN DEPE & IRFAN”. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 8 menit 24 detik itu tidak membahas Buya Yahya yang memperingatkan Irfan Hakim dan Dewi Persik. Memang terdapat cuplikan video ketika Buya Yahya berceremah tentang merendahkan orang lain, akan tetapi ceramah tersebut tidak dikhususkan untuk Dewi Persik dan Irfan Hakim.

Unggahan tersebut hanya berisikan video-video TikTok yang mengomentari Dewi Persik dan video dukungan terhadap Lesti dengan lagu barunya salah satunya adalah milik akun lutfijw. Video TikTok tersebut berisikan video tentang dukungannya terhadap Lesti dengan lagu barunya yang sedang menjadi trending. Terdapat potongan video milik akun dramablessing yang menunjukkan Irfan Hakim menjelaskan tentang dirinya pada saat kolaborasi dengan Tanboy Kun bukanlah sebuah drama, namun dalam unggahan MAKANTU GOSIP video tersebut dipotong dan hanya menunjukkan Irfan Hakim membahas soal drama atau sesuatu yang dibuat-buat.

==========
[REFERENSI]:
– https://vt.tiktok.com/ZS8qcA6tB/
– https://vt.tiktok.com/ZS8qcXeQ8/
– https://vt.tiktok.com/ZS8q3tjb1/