[SALAH] Perubahan Tarif Transaksi Bank Aceh Kepada Bank Lain
By: Date: 30 November 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

hasil periksa fakta Rahmah an.

Informasi yang beredar adalah palsu. Bank Aceh telah mengonfirmasi untuk mewaspadai penipuan bermodus phising.

Selengkapnya ada di penjelasan.

[KATEGORI]: Konten Tiruan

[SUMBER]: WhatsApp

[NARASI]:
“Sehubungan Adanya pembaharuan dari layanan Bank Aceh, untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan nasabah

Bertransaksi dari Bank Aceh menggunakan aplikasi, mulai nanti malam ketika pergantian hari dan tanggal. Untuk seluruh biaya transaksi diubah menjadi biaya bulanan. Untuk biaya transaksi yang lama Rp 6.500/per transaksi, di ganti dengan Biaya yang baru Rp 150.000/perbulan (Autodebit dari rekening tabungan), Unlimited transaksi. Untuk perubahan skema tarif dalam tahapan percobaan untuk 6 bulan ke depan, Dengan ini kepada Bpk/ibu Nasabah Bank Aceh untuk PERSETUJUANNYA, ataupun Konfirmasinya disini : 1. Apakah setuju dengan Tarif baru perbulan Rp150.000, Atau 2. Jika tidak setuju, Dan tetap mau menggunakan Tarif yang lama Rp6.500/per transaksi dikarenakan jarang bertransaksi. Dan Untuk konfirmasi silakan isi formulir yang dikirimkan. Pastikan semua data di isi dengan benar.”

=====
[PENJELASAN]:
Beredar informasi perubahan biaya transaksi dari Bank Aceh ke Bank lain dari Rp 6.500 menjadi Rp 150.000. Flyer tersebut telah ditandatangani oleh PT Bank Aceh Syariah dan terdapat nomor surat, juga logo Bank Aceh. Jika menyetujui tarif baru, nasabah diminta untuk mengisi formulir yang tersedia.

Faktanya informasi yang beredar adalah hoaks. Dilansir dari akun Twitter resmi Bank Aceh @bankacehsyariah menegaskan bahwa informasi yang beredar adalah modus penipuan. Bank Aceh mengimbau kepada para nasabah untuk waspada terhadap penipuan bermodus phising atau tindakan memperoleh informasi pribadi seperti identitas diri, user ID, pin, nomor kartu dan nomor rekening bank.

Hoaks mengenai perubahan tarif baik dari Bank Aceh maupun bank lainnya marak terjadi baru-baru ini. Dengan narasi dan modus yang sama, masyarakat harap lebih cermat dan berhati-hati jika mendapatkan pesan WhatsApp terkait perubahan biaya transaksi dari nomor WhatsApp mengatasnamakan bank tidak bercentang biru. Setidaknya di tahun ini dari laman turnbackhoaks, hoaks serupa telah beredar sebanyak 4 kali.

Dengan demikian surat perubahan biaya transfer Bank Aceh merupakan hoaks kategori konten tiruan.

[REFERENSI]