[SALAH] Pesan WhatsApp Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dengan Nomor “083104245110” Memberikan Donasi Kepada Panti Asuhan dan TPQ
By: Date: 30 April 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN Sunan Ampel Surabaya).

Informasi salah. Faktanya, melansir dari akun Instagram resmi Gubernur Jatim, Khofifah , yaitu @khofifah.ip, menyatakan bahwa informasi yang disampaikan dalam pesan Whatsapp tersebut tidak berkaitan dengannya.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Tiruan

===

Sumber: WhatsApp

===
Narasi:
“Waalaikumsalam.wr.wb
Enggeh leres
Alhamdulillah”.
“Sebelumnya saya perkenalkan nama saya Khofifa. Tujuan saya akan berbagi donasi berupa uang ke berbagai TPQ dan Panti asuhan. Kalau boleh tau dengan bapak atau ibu siapa ini saya sedang berbicara?.”
“ya allah subhanallah… Masyaallah..”
“baik”

===

Penjelasan:
Beredar pesan WhatsApp dengan mengatasnamakan Gubernur Jatim, Khofifah Indah Parawansa atau lebih akrab disapa Khofifah terkait pembagian donasi berupa uang ke panti asuhan dan TPQ. Akun Whatsapp tersebut menggunakan nama profil “Hj. Khofifa” dengan nomor “083104245110”.

Akun Instagram resmi Gubernur Jawa Timur, Khofifah @khofifah.ip menyampaikan bahwa akun Whatsapp yang beredar bukan miliknya. Ia meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati apabila ada akun yang mengatasnamakan dirinya, “Kepada seluruh masyarakat Indonesia.
Mohon untuk berhati-hati dan waspada apabila ada yang menghubungi dan mengatasnamakan khofifa mirip nama saya melalui pesan whatsapp.”.

Humas Provinsi Jatim juga mengimbau kepada masyarakat Jawa Timur untuk meningkatkan kewaspadaan menjelang lebaran atas segala penipuan dalam bentuk pesan atau telepon. Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait pesan whatsapp Gubernur Jatim dengan Nomor “083104245110” memberikan bantuan ke panti asuhan dan TPQ ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten tiruan.

Referensi:
https://www.instagram.com/p/CcqvWDfhARJ/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

https://www.instagram.com/p/CcuKcaDPaGz/?igshid=YmMyMTA2M2Y=