[SALAH] Raffi Ahmad dan Ruben Onsu Sumbang 2M untuk Ammar Zoni
By: Date: 29 Maret 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Raffi Ahmad dan Ruben Onsu memberikan sumbangan sebesar 2M kepada Ammar Zoni merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi terkait kabar Raffi dan Ruben yang menyumbang 2M untuk Ammar Zoni.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1679641188.687133/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “HARI INI || JENGUK AMMAR ZONI, RAFFI DAN RUBEN SUMBANG 2 MILYAR UNTUK PENGOBATAN AMMAR ZONI!!”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Hot Shoot (https://www.youtube.com/@Hotshoot1990) pada 19 Maret 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Raffi Ahmad dan Ruben Onsu menjenguk Ammar Zoni di panti rehabilitasi. Selain menjenguk Ammar Zoni, keduanya pun juga menyumbang biaya pengobatan sebesar 2M kepada Ammar Zoni.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya foto thumbnail yang menampilkan Raffi Ahmad dan Ruben Onsu yang sedang menjenguk Ammar Zoni merupakan hasil rekayasa. Pada kenyataannya, foto badan Ammar Zoni dalam thumbnail tersebut adalah milik aktor Reza Rahadian yang tengah sakit tipus pada Maret 2016 silam. Dalam foto asli tersebut, Reza Rahadian terlihat sedang dijenguk oleh bos MD Pictures, Manoj Punjabi.

Foto asli milik Liputan 6

Lebih lanjut, isi video tersebut nyatanya juga hanya menjelaskan seputar penangkapan Ammar Zoni dan isu keretakan rumah tangganya dengan Irish Bella. Hingga saat ini pun, tidak ada pemberitaan resmi terkait kabar Raffi Ahmad dan Ruben Onsu yang menjenguk dan menyumbang 2 milyar untuk pengobatan Ammar Zoni.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh Hot Shoot merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.liputan6.com/showbiz/read/2472096/ini-yang-membuat-reza-rahadian-akhirnya-tumbang
https://denpasar.suara.com/read/2023/03/20/160000/cek-fakta-raffi-ahmad-dan-ruben-onsu-jenguk-ammar-zoni-sumbang-rp2-miliar-untuk-pengobatan