[SALAH] Seluruh Mahasiswa Indonesia Gelar Konvoi Mendukung Anies Baswedan
By: Date: 26 Mei 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun facebook dengan klaim bahwa seluruh mahasiswa se-Indonesia tengah melakukan konvoi sebagai wujud dukungan untuk Anies Baswedan. Faktanya hal tersebut tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Koneksi Yang Salah

====

[SUMBER]:
Facebook: https://archive.cob.web.id/archive/1684891353.74622/singlefile.html

====
[NARASI]:
“Berita Politik Jakarta Lumpuh Total  Seluruh Mahasiswa Se-indonesia Gelar Konfoi Deklarasi Dukung Anies”

====

[PENJELASAN]:
 Akun facebook dengan nama Nice Clip (https://www.facebook.com/profile.php?id=100090539197763) pada 19 Mei 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim seluruh mahasiswa se-Indonesia tengah menggelar konvoi sebagai bentuk deklarasi mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden Republik Indonesia. 2024.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, faktanya apa yang disampaikan di dalam video tersebut bukanlah aksi konvoi untuk mendukung Anies melainkan hanya tanggapan dari beberapa pendukung Anies Baswedan dan tidak ada bukti bahwa mahasiswa se-Indonesia tengah melakukan deklarasi mendukung Anies Baswedan.

Tak hanya itu, cuplikan video yang digunakan di dalam video tersebut pun tidak memiliki kesesuaian dengan klaim yang disampaikan pada judul. Contohnya saja pada menit ke 5.47 yang merupakan cuplikan dari kegiatan Munggahan yang dilakukan oleh Anies Baswedan dengan masyarakat Kuningan, Jawa Barat sebagai bentuk sambutan datangnya bulan Ramadhan seperti yang dibagikan olehnya pada laman instagramnya @aniesbaswedan (https://www.instagram.com/aniesbaswedan/) 12 Maret 2023.

==========

[REFERENSI]
https://www.instagram.com/p/CpsLCG-ymt2/