[SALAH] Surat Gubernur Papua Perihal Pangkodap TPNPB & Seluruh TPM-OPM Menurunkan Senjata
By: Date: 26 Juni 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar surat tersebut tidak benar. Faktanya, juru bicara Gubernur Papua, Muhammad Rivai Darus mengatakan bahwa surat tersebut adalah hoaks.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/9haWa

= = = = =

NARASI:
“GUBERNUR PAPUA
Nomor :005/8003/SET Jayapura, 20 Juni 2022
Lampiran :
Himbauan:

Kepada
Yth. 1, Ketua MRP

  1. Gollath Tabuni
  2. Pangkodap TPNPB – OPM
  3. KNPB
  4. ULMWP
    6, NRFPB
  5. PRP
    Di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Papua
    di
    Tempat

Bersama ini saya memberi himbauan terutama kepada seluruh Pangkodap TPNPB & Seluruh TPM-OPM yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua agar segera menurunkan senjata dan segara bergabung dengan NKRI karena kita sudah menerima Otsus (Otonomi Khusus) dan Pemekaran Provinsi Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) untuk membangun masa depan Papua yang lebih layak dari saat ini serta mewujudkan seluruh harapan masyarakat Papua dengan kesejahteraan yang setara maupun merata di seluruh wilayah Papua.

Demikian, atas partisipasinya disampaikan terimakasih.

GUBERNUR PAPUA

LUKAS ENEMBE SIP, MH”

Caption
“Salipkan Lukas Enembe
Orang sudah di dalam sistem pemerintahan Indonesia
Adalah musuh rakyat Papua”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Hengki Fwp memposting sebuah gambar surat dengan kop Gubernur Papua bernomor Nomor :005/8003/SET. Surat tersebut ditujukan kepada Ketua MRP, Gollath Tabuni, Pangkodap TPNPB – OPM, KNPB, ULMWP, NRFPB, PRP perihal himbauan agar seluruh Pangkodap TPNPB & Seluruh TPM-OPM yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua menurunkan senjata dan segara bergabung dengan NKRI.

Setelah ditelusuri pada salah satu artikel milik Suarasulsel.id berjudul “Beredar Hoaks Surat Gubernur Papua Lukas Enembe Minta OPM Menyerah dan Bergabung ke NKRI” 22 Juni 2022 didapatkan informasi bahwa surat tersebut merupakan hoaks. Hal tersebut dijelaskan oleh juru bicara Gubernur Papua, Muhammad Rivai Darus dan meminta kepada pihak kepoilisian setempat bergerak cepat atas laporan hoaks

“Surat yang beredar dipastikan hoaks. kondisi seperti ini sudah sangat meresahkan,” kata Rivai, Selasa 21 Juni 2022.

Dengan demikian gambar surat dengan kop Gubernur Papua terkait Pangkodap TPNPB & Seluruh TPM-OPM yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua menurunkan senjata dan segara bergabung dengan NKRI adalah hoaks. Hal tersebut dikatakan oleh juru bicara Gubernur Papua Muhammad Rivai Darus, sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://sulsel.suara.com/read/2022/06/22/120954/beredar-hoaks-surat-gubernur-papua-lukas-enembe-minta-opm-menyerah-dan-bergabung-ke-nkri

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Dedy Helsyanto