[SALAH] Surat Permintaan Data Pensiunan PNS dan ASN Terkait Program WIRAUSAHA Pintar Oleh BKN
By: Date: 30 September 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

hasil periksa fakta Rahmah an.

Informasi palsu. BKN menegaskan melalui akun media sosial resminya bahwa surat yang beredar adalah hoaks.

===
Kategori: Konten Tiruan

===
Sumber: I-Flyer

===
Narasi:
“Dalam rangka mendukung visi dan misi pemerintah Republik Indonesia (RI) di Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM dan Badan Kepegawaian Negara di Direktorat Pensiun PNS dan Pejabat Negara melalui Direktorat Wirausaha Pintar berusaha meningkatkan Kesejahteraan para Aparat Sipil Negara (ASN) dan Pensiunan PNS. Program terbentuk bersifat Transparan, Akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkan baik Penyalurannya maupun penggunaannya.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI bersumber pada UU No.11 dan UU No.11 Thn.1999 tentang Pensiun PNS (pegawai negeri sipil) dan Pensiun Janda/Duda Pegawai … Wirausaha Pintar Tahun Anggaran 2021/2022, Dipandang pandang untuk membuat persyaratan dan ketentuan … sebagaimana (format terlampir).
Adapun persyaratan penyaluran dan … Wirausaha Pintar tersebut akan dijadikan Bahan Evaluasi di Kementerian Koperasi dan UKM dan Badan Kepegawaian Negara Direktorat Pensiun PNS dan Pejabat dengan ketentuan sbb:

  1. Data ASN dan Pensiun Pegawai … di Butuhkan mulai dari Tahun 2020 s/d 2022 untuk masing-masing satuan unit kerja.
  2. Kelengkapan Data ASN … Wajib dilengkapi sesuai dengan format dibawah (Lampiran 2)
  3. Data ASN dan Pensiunan Pegawai dikirim via e-mail Direktorat Pensiun PNS dan Pejabat Negara : [email protected]
  4. Data ASN dan Pensiunan Pegawai … paling lambat kami terima Tanggal 09 September 2022 sesuai dengan ketentuan (format terlampir)
    Atas perhatian dan Kerjasama saudara, kami ucapkan terima kasih.

===
Penjelasan:
Beredar surat pengangkatan tenaga honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS) Tahun 2022 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dengan nomor surat B/2631/M.PANRI. Dalam surat tersebut tertulis informasi pengangkatan tenaga honorer ini dilakukan tanpa tes dan diprioritaskan bagi guru, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh di bidang pertanian, serta tenaga teknis yang dibutuhkan pemerintah.

Akun media sosial BKN menegaskan bahwa surat yang beredar adalah tidak benar. BKN mengimbau kepada sobat BKN tetap berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan BKN.

“#SobatBKN, saat ini sedang marak kembali penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab, contohnya adalah Surat Permintaan Data Pensiun PNS dan ASN Program Wirausaha Pintar TA 2021/2021. Mimin nyatakan bahwa surat tersebut adalah Palsu alias Hoaks.

Tetap hati-hati ya Sobat.

#ASNPelayanPublik #Hati2Hoaks _aw”, tulis BKN dalam akun Instagram resminya (06/09/22).

Berdasarkan penjelasan di atas, surat mengatasnamakan Direktorat Pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pejabat Negara Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang berisi permintaan data pensiunan PNS dan Aparatul Sipil Negara (ASN) terkait program Wirausaha Pintar tahun anggaran 2021/2022 adalah hoaks dan masuk dalam kategori konten tiruan.

===
Referensi:
https://www.instagram.com/p/CiKp3N_h7Dg/?igshid=MTA0ZTI1NzA%3D

https://twitter.com/BKNgoid/status/1567139500547252226?t=qsysN06yblRIfm3kjsLKow&s=19