[SALAH] Sutradara Asal Ukraina Membuat Video Warga Berlarian untuk Menunjukkan Rusia Menargetkan Warga Sipil
By: Date: 28 Februari 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, faktanya video yang dibagikannya tersebut merupakan behind the scene film Kaleidoscope Man, pengambilan video tersebut diambil di Birmingham City, United Kingdom.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Twitter
https://archive.md/4nLyS

= = =
Narasi:
“Sebuah klip video yang menunjukkan bagaimana seorang sutradara dari Ukraina membuat pengambilan video sinematik yang menunjukkan warga sipil berlarian untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Rusia menargetkan warga sipil selama operasi militernya di Ukraina. Inilah ketika pemilik rumah adalah seorang seniman”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video di Twitter yang diklaim merupakan behind the scene seorang sutradara asal Ukraina mengambil video warga sipil berlarian untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Rusia menargetkan warga sipil dalam invasi operasi militernya. Klaim tersebut menunjukkan seolah Ukraina membuat video rekayasa untuk ditunjukkan kepada dunia.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video yang dibagikan tersebut merupakan behind the scene dari film Kaleidoscope Man yang diambil di Birmingham City, United Kingdom sebagai setting latar pengambilan gambarnya dan tidak ada kaitannya dengan konflik yang antara Rusia dan Ukraina. Video asli telah dibagikan di YouTube pada pada 8 April 2013, 9 tahun yang lalu.

Dengan demikian klaim Sutradara Asal Ukraina Membuat Video Warga Berlarian untuk Menunjukkan Rusia Menargetkan Warga Sipil merupakan informasi yang salah dengan kategori konteks yang salah.

= = =
Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=MEONOBOAkEM
http://film-directory.britishcouncil.org/kaleidoscope-man

= = =
Editor: Bentang Febrylian