[SALAH] Video “BERITA TERKINI ~ TAK DISANGKA SANGKA, DEKLARASI GANJAR 2024, LANGSUNG DISAMBUT PEMECATAN DARI PDIP”
By: Date: 9 Mei 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Ganjar Pranowo,Hoax

Tidak ada pernyataan pemecatan Ganjar Pranowo dari PDIP dalam video. Diketahui isi video hanya menarasikan artikel berjudul “Bappilu PDIP Sindir Ganjar: Siapa yang Minta Bertempur? Bu Mega Belum Kasih Sinyal” yang tayang di merdeka.com pada 6 Mei 2021.

=====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Youtube

https://archive.ph/TxoKu

=====

Narasi:

“BERITA TERKINI ~ TAK DISANGKA SANGKA, DEKLARASI GANJAR 2024, LANGSUNG DISAMBUT PEMECATAN DARI PDIP”

=====

Penjelasan:

Kanal Youtube Saka Nusantara mengunggah video berjudul “BERITA TERKINI ~ TAK DISANGKA SANGKA, DEKLARASI GANJAR 2024, LANGSUNG DISAMBUT PEMECATAN DARI PDIP” pada 8 Mei 2021. Pada bagian thumbnailsnya bertuliskan “MESRA DENGAN ANIES MEGAWATI PECAT GANJAR DARI PDIP TAKTIK JAHAT…! DEMI PUAN CATATAN HITAM GANJAR DI UMBAR KEPUBLIK.”

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa isi video tersebut merupakan pembacaan berita dari artikel berjudul “Bappilu PDIP Sindir Ganjar: Siapa yang Minta Bertempur? Bu Mega Belum Kasih Sinyal” yang tayang di merdeka.com pada 6 Mei 2021. Di dalam artikel itu tidak ada pernyataan terkait pemecataan Ganjar Pranowo dari PDIP.

Artikel itu hanya membahas pernyataan Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Wuryanto terkait wacana Ganjar maju sebagai Calon Presiden di tahun 2024 dari PDIP. Bambang menyatakan bahwa Ganjar Pranowo belum masuk pertimbangan sebagai calon presiden. Selain itu, ia menyatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri belum memberikan sinyal kepada dirinya untuk memenangkan Ganjar di Pilpres 2024.

“Itu tidak hanya pertarungan udara, sementara yang lain belum bertempur. Siapa yang minta bertempur? Bu Mega belum kasih sinyal,” kata Bambang di DPR, Kamis (6/5).

Dengan demikian, konten video yang diunggah kanal Youtube Saka Nusantara masuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://www.merdeka.com/politik/bappilu-pdip-sindir-ganjar-siapa-yang-minta-bertempur-bu-mega-belum-kasih-sinyal.html?page=all