[SALAH] Video “Kecelakaan pesawat Mu5735” dengan Narasi Keliru
By: Date: 31 Maret 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

TIDAK TERKAIT dengan jatuhnya China Southern Airlines MU5735. FAKTA: video yang dibagikan sebelumnya muncul pada tahun 2016 lalu, berkaitan dengan kebakaran gunung di Desa Yishan, Kota Zushan, Kabupaten Qinglong, Qinhuangdao, Provinsi Hebei, Tiongkok.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Twitter, https://archive.ph/EOsv8 (arsip cadangan).

NARRATIF: “RIP Mu5735 kecelakaan pesawat – 133 orang di dalamnya #planecrash #mu5735 #boeing #boeing737 #Chinese”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video kebakaran gunung pada tahun 2016 lalu yang terjadi di Desa Yishan, Kota Zushan, Kabupaten Qinglong, Qinhuangdao, Provinsi Hebei, Tiongkok dengan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menyebabkan kesimpulan SALAH.

Verifikasi Video

Video dengan konteks yang benar, diunggah ke Youku pada 1 April 2016: “Kebakaran Qinglong Zushan, warga dievakuasi” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Harian Tianjin pada 31 Maret 2016: “#kebakaran zushan# [Kebakaran gunung terjadi di Zushan, Kota Qinhuangdao, Hebei] Pada pukul dua siang ini, kebakaran gunung terjadi di Zushan, Kota Qinhuangdao, Hebei. Karena angin kencang, api semakin membesar, dan asap menyebar lebih dari sepuluh kilometer. Gunung yang curam membuatnya sangat sulit untuk dilawan. Karena ada pom bensin di kaki gunung, demi keselamatan petugas pemadam kebakaran dan warga sekitar dievakuasi untuk sementara. Tidak ada korban khusus dan angka area kebakaran. (Suara Tiongkok)” [3]

Sina News pada 31 Maret 2016: “Sore ini, kebakaran gunung terjadi di Desa Yishan, Kota Zushan, Kabupaten Qinglong, Qinhuangdao, Provinsi Hebei. Api mengelilingi pompa bensin di kaki gunung, dan orang-orang di sekitarnya segera dievakuasi. Hingga pukul 17:30, api gunung yang mengarah ke Zushan Scenic Spot telah padam, dan sisa kebakaran pada awalnya dapat dikendalikan tanpa ada korban jiwa. Penyebab kebakaran sedang diselidiki. Reporter Beijing Nie Hui http://t.cn/RqAZpzm” [4]

Berkaitan dengan jatuhnya China Southern Airlines MU5735, Google Search – Berita [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] play.tudou.com, https://archive.ph/5K35j (ekstensi Chrome Google Terjemahan) / https://bit.ly/3uJB0Bl & https://archive.ph/y1P4J (tautan dan arsip cadangan di bahasa asli, Cina).

[3] weibo.com, https://archive.ph/WU2bA (ekstensi Google Terjemahan Chrome) / https://bit.ly/373dbME & https://archive.ph/AtRmz (tautan dan arsip cadangan dalam bahasa asli , Cina).

[4] news.sina.com: “Kebakaran gunung terjadi di Kota Zushan, Qinhuangdao? Adegan terbakar”, https://archive.ph/SICFI (ekstensi Chrome Google Terjemahan) / https://bit.ly/3iPJ9yY & https://archive.ph/g0yZ1 (tautan dan arsip cadangan dalam bahasa asli , Cina).

[5] google.com: “china south airlines MU5735 crash”, https://archive.ph/GzFnt (arsip cadangan).