[SALAH] Video Kedatangan Tentara Indonesia di Palestina
By: Date: 21 Mei 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Bukan di Palestina. Video tersebut merupakan video peliputan Gadir Hamed (Jurnalis Lebanon) yang sedang mengikuti kegiatan TNI dalam menjalankan misi perdamaian di Lebanon.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Salah

= = =
Sumber: Facebook
https://archive.md/9YPiX

= = =
Narasi:
“kedatangan tentara Indonesia di Palestina. Subhanallah.”
“Alhamdulillah TNI sampai di PALESTINA. siap tempur.”

= = =
Penjelasan:

Beredar sebuah video di salah satu postingan Facebook yang menunjukan TNI sedang menjalankan misi mengendarai mobil tank milik PBB, dalam video tersebut disematkan juga narasi “kedatangan tentara Indonesia di Palestina”.

Setelah ditelusuri, klaim kedatangan TNI di Palestina tersebut adalah salah. Faktanya, video tersebut bukan diambil di Palestina, tetapi di Lebanon. Video asli tersebut pernah diunggal oleh channel YouTube UNIFIL pada 13 Oktober 2013. Isi dari video tersebut merupakan video peliputan Gadir Hamed (Jurnalis Lebanon) yang sedang mengikuti kegiatan TNI dalam menjalankan misi perdamaian di Lebanon.

Dilansir dari laman resminya, UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) merupakan organisasi pasukan sementara PBB di Lebanon yang dimandati untuk memastikan gerak mundurnya Israel dari Lebanon, mengembalikan kedamaian dan keamanan internasional, dan membantu pemerintah Lebanon untuk mengembalikan otoritas efektifnya di area tersebut.

Dengan demikian klaim video kedatangan tentara Indonesia di Palestina merupakan hoax dengan kategori Konten yang Salah.

= = =
Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=Y5KLKksGOCc

https://unifil.unmissions.org/unifil-mandate

= = =
Editor: Bentang Febrylian