[SALAH] Video “Puing-puing roket China jatuh ke Samudra Hindia dekat Maldives”
By: Date: 21 Mei 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Klaim tersebut salah, faktanya itu video lama yang sempat diupload pada tahun 2016 dan tidak ada kaitannya dengan jatuhnya roket China.

= = =
Kategori: Konten yang Salah

= = =
Sumber: Tangkapan Layar
https://archive.md/IyAOw

= = =
Narasi:
“China rocket debris fell into the Indian Ocean near Maldives”

terjemahan:
” Puing-puing roket China jatuh ke Samudra Hindia dekat Maldives”

= = =
Penjelasan:

Sebuah akun Twitter membagikan cuitan yang bernarasi “Puing-puing roket China jatuh ke Samudra Hindia dekat Maldives” kemudian disandingkan dengan sebuah video yang menunjukan benda jatuh dari langit. Cuitan tersebut beredar setalah tersebarnya pemberitaan terkait jatuhnya roket China pada 9 Mei 2021.

Klaim tersebut salah, faktanya video tersebut bukan lah video jatuhnya puing-puing roket China yang jatuh pada 9 Mei 2021. Video tersebut sudah lama beredar sejak 2016 melalui channel YouTube OverWatch Security. Melalui AFP, juru bicara OverWatch Security, Jhon Zahra, mengonfirmasi bahwa video tersebut merupakan hasil editan komputer atau CGI.

“Video itu palsu. Itu CGI/VE (citra/efek visual yang dihasilkan komputer),” ujar Jhon pada 11 Mei 2021. “Orang-orang sering mengambil video dan membuat cerita lain di sekitarnya. Itu hanya video kecil yang menyenangkan dan kami buat pada tahun 2016,” imbuhnya.

Dengan demikian klaim video puing-puing roket China jatuh di dekat Maldives merupakan hoax dengan kategori Konten yang Salah.

= = =
Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=8VB-jfqrtM4

https://malaysia.news.yahoo.com/chinese-rocket-segment-disintegrates-over-031749608.html

https://factcheck.afp.com/video-computer-generated-it-does-not-show-chinese-rocket-over-indian-ocean

===
Editor: Bentang Febrylian