[SALAH] Video “SOK KRITIK FADLI ZON DICOPOT HINGGA BEGINI”
By: Date: 8 Mei 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Isi video tidak terkait dengan judul video. Isi video hanya pembacaan berita dari sejumlah media yang tidak membahas mengenai pencopotan Fadli Zon, baik dari DPR maupun dari Partai Gerindra.

=====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Youtube

https://archive.ph/1eBHA

=====

Narasi:

“SOK KRITIK FADLI ZON DICOPOT HINGGA BEGINI ~ BERITA TERBARU HARI INI 7 MEI 2021 JOKOWI POLISI MUDIK”

=====

Penjelasan:

Kanal Youtube Pengawal Istana mengunggah video dengan judul “SOK KRITIK FADLI ZON DICOPOT HINGGA BEGINI ~ BERITA TERBARU HARI INI 7 MEI 2021 JOKOWI POLISI MUDIK” pada 7 Mei 2021. Video itu berdurasi 10:10 detik.

Berdasarkan hasil penelusuran, judul video tidak mencerminkan isi videonya. Diketahui bahwa isi video merupakan pembacaan sejumlah artikel berita dari beberapa media.

Artikel pertama yang dibacakan dalam video tersebut berjudul “Fadli Zon Kritik Larangan Mudik Pemerintah, Netizen Beri Sindiran Pedas Ini” yang tayang di hitekno.com pada 6 Mei 2021. Dalam artikel itu tidak ditemukan pernyataan Fadli Zon dicopot dari jabatannya, baik di DPR maupun di Partai Gerindra.

Lalu, artikel kedua ialah artikel berjudul “Sebut Pemerintah Bertindak Diskriminasi, Fadli Zon: Mudik Dilarang tapi WNA China Datang” yang tayang di mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com pada 7 Mei 2021. Di artikel tersebut juga tidak ditemukan pernyataan pencopotan Fadli Zon.

Artikel ketiga yang dibacakan dalam video berjudul “Formula E Jakarta Bermasalah, Ferdinand Hutahaean Desak KPK dan BPK Tangkap Anies Baswedan” yang tayang di tasikmalaya.pikiran-rakyat.com pada 20 Maret 2021. Artikel itu membahas mengenai kritik Ferdinand Hutahaean kepada Anies Baswedan.

Kemudian, artikel keempat yang dibacakan ialah artikel berjudul “Sindir Gagal Formula E Jakarta, Ferdinand Hutahaean: yang Untung Anies Baswedan di Tengah Kerugian APBD” yang tayang di mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com pada 11 Maret 2021. Artikel itu pun berisikan kritikan Ferdinand kepada Anies.

Dan, artikel terakhir yang dibacakan dalam video berjudul “Soal Dana Formula E, Pengamat Politik: Anies Baswedan Bisa Dipenjara” yang tayang di terkini.id pada 29 Januari 2021. Artikel itu berisikan kritikan Eko Kuntadhi kepada Anies Baswedan.

Berdasarkan penjelasan itu, maka konten video yang diunggah oleh kanal Youtube Pengawal Istana masuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://www.hitekno.com/internet/2021/05/06/140626/fadli-zon-kritik-larangan-mudik-pemerintah-netizen-beri-sindiran-pedas-ini

https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-201880369/sebut-pemerintah-bertindak-diskriminasi-fadli-zon-mudik-dilarang-tapi-wna-china-datang

https://tasikmalaya.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-061639880/formula-e-jakarta-bermasalah-ferdinand-hutahaean-desak-kpk-dan-bpk-tangkap-anies-baswedan

https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-201573164/sindir-gagal-formula-e-jakarta-ferdinand-hutahaean-yang-untung-anies-baswedan-di-tengah-kerugian-apbd

https://terkini.id/read/td-235389/soal-dana-formula-e-pengamat-politik-anies-baswedan-bisa-dipenjara/