[SALAH] Video Warga Cina Melarikan Diri ke Vietnam Saat Perbatasan Cina-Vietnam Dibuka
By: Date: 16 Maret 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut menunjukkan warga Vietnam yang menuju ke Cina saat perbatasan Vietnam-Cina dibuka pada Januari lalu, bukan warga Cina yang melarikan diri ke Vietnam.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/2IzXl

Arsip Video:
https://video.twimg.com/ext_tw_video/1628308042176663552/pu/vid/320×460/C80gjol0xsPCtKLi.mp4?tag=12

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Pada hari di mana perbatasan Cina-Vietnam dibuka, orang Cina melarikan diri dengan sekuat tenaga”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @lammichaeltw mengunggah video yang memperlihatkan puluhan warga berlari, yang diklaim sebagai warga Cina yang ingin melarikan diri ke Vietnam setelah border Cina-Vietnam dibuka pada Januari lalu. Cuitan dan video yang diunggah pada 22 Februari tersebut telah disukai oleh hampir 500 orang, serta telah dibagikan dan dikutip ulang hampir 200 kali.

Setelah dilakukan penelusuran dengan Google Street View, lokasi dan gedung yang terlihat di video tersebut merupakan Mong Cai International Border Gate yang ada di Vietnam. Selain itu, di video tersebut terlihat bahwa puluhan orang berlari menuju pintu keluar kecil yang bertuliskan “departure lounge” dalam bahasa Vietnam.

Terlebih lagi, AFP Fact Check telah membahas informasi serupa dengan judul “Video shared with false claim that it shows ‘Chinese people fleeing to Vietnam’ after border reopening”. Pada artikel tersebut disebutkan bahwa yang terjadi justru sebaliknya, yaitu masyarakat Vietnam yang berlari menuju Cina.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh pengguna Twitter dengan nama pengguna @lammichaeltw merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
http://shorturl.at/pvJS3

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33A743W