[SALAH] Wujud Bebek dan Tikus Hasil Gabungan Kedua DNAnya
By: Date: 31 Mei 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, hewan dalam unggahan tersebut adalah jerboa yang merupakan hewan pengerat kecil berhabitat asli di China dan Mongolia.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Facebook

====

Penjelasan:

Akun Facebook Ncep R membagikan video TikTok yang berjudul “beginilah bentuk Bebek dan tikus jika DNA nya di gabungkan” pada grup Potret Ketololan Kaum TikTok. Unggahan tersebut mendapat atensi berupa 359 reaksi, 153 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 30 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, hewan dalam video itu adalah Jerboa. Mengutip dari WWF, Jerboa adalah hewan pengerat kecil bertelinga panjang asli dari China barat laut dan Mongolia selatan. Bentuk tubuhnya menyerupai tikus, telinga kucing, moncong seperti babi, dan kaki belakangnya seperti kangguru. Video yang diunggah oleh kanal YouTube Wonder World pada 16 Desember 2017 menggambarkan bagaimana Jerboa hidup dan bergerak.

Sebagai tambahan, hoaks yang sama sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] “bentuk Bebek dan tikus jika DNA nya di gabungkan” terbit pada 13 Februari 2022.

Dengan unggahan akun Facebook Ncep R dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://www.worldwildlife.org/magazine/issues/summer-2018/articles/the-long-eared-jerboa-stands-and-hops-in-a-class-of-its-own

Editor: Bentang Febrylian