Sebuah asteroid berukuran 110 kaki meluncur menuju Bumi hari ini, NASA mengungkapkan – Manadopedia
By: Date: 1 Desember 2022 Categories: Sains

NASA mengeluarkan peringatan terhadap asteroid yang mendekat dengan cepat hari ini. Pelajari tentang kecepatan, jarak, dan lainnya.

Tahukah Anda bahwa setidaknya 4 asteroid mendekati Bumi kemarin! Sekarang NASA telah memperingatkan bahwa roket lain sedang dalam perjalanan, dan itu adalah roket yang besar. Asteroid ini memiliki potensi destruktif yang sangat besar karena ukuran dan kecepatannya yang sangat besar. Untuk melacak asteroid semacam itu, NASA menggunakan NASA Wide Field Infrared Explorer yang telah diubah fungsinya untuk bertindak sebagai teleskop survei dan memindai langit untuk objek dekat Bumi. Badan antariksa juga menggunakan radar berbasis darat untuk mengumpulkan data akurat tentang lintasan dan karakteristik asteroid.

Detail dasar asteroid 2022 WS9

Kantor Koordinasi Pertahanan Planet NASA telah mengeluarkan peringatan terhadap asteroid bernama 2022 WS9. Asteroid berdiameter 110 kaki dan seukuran pesawat komersial itu diperkirakan akan lewat. sebuah daratan 1 Desember di 1,7 juta km. Asteroid itu sudah dalam perjalanan ke Bumi, melaju dengan kecepatan 65.235 kilometer per jam, yang jauh lebih cepat daripada roket!

Menurut the-sky.org, Asteroid 2022 WS9 termasuk dalam kelompok asteroid Apollo. Itu ditemukan hanya beberapa hari yang lalu pada tanggal 28 November. Dibutuhkan 1.655 hari bagi asteroid ini untuk menyelesaikan satu perjalanan mengelilinginya Matahari Jarak maksimum dari matahari adalah 693 juta km, dan jarak terdekatnya adalah 126 juta km.

Program Pengamatan dan Klasifikasi NASA asteroid

NASA mendirikan Kantor Koordinasi Pertahanan Planet (PDCO), yang dikelola di Divisi Ilmu Planet di Markas Besar NASA di Washington, DC. PDCO memastikan deteksi dini Objek Berpotensi Berbahaya (PHO) – asteroid dan komet yang orbitnya diharapkan membawa mereka dalam jarak 0,05 unit astronomi Bumi (5 juta mil atau 8 juta kilometer) dan cukup besar untuk mencapai permukaan Bumi – lebih besar dari sekitar 30 hingga 50 meter.