SpaceX meluncurkan 53 satelit internet Starlink lagi – Spaceflight Now – BALICITIZEN.COM
By: Date: 2 Februari 2023 Categories: Sains

1 sebagian: “Pekerjaan kami akan memungkinkan SpaceX untuk memulai penyebaran Gen2 Starlink, yang akan membawa broadband satelit generasi berikutnya ke orang Amerika di seluruh negeri, termasuk mereka yang tinggal dan bekerja di Area yang tidak dijangkau oleh sistem terestrial atau biasanya tidak dijangkau oleh sistem terestrial. Persetujuan konstelasi Starlink Gen2. Pekerjaan kami juga akan mengaktifkan layanan broadband satelit di seluruh dunia, membantu menjembatani kesenjangan digital dalam skala global.

“Pada saat yang sama, hibah terbatas ini dan persyaratan terkait akan melindungi operator satelit dan darat lainnya dari gangguan berbahaya, menjaga lingkungan ruang angkasa yang aman, mendorong persaingan, dan melindungi spektrum dan sumber daya orbit untuk penggunaan di masa mendatang,” tulis FCC. “Kami menunda mengambil tindakan pada sisa aplikasi SpaceX saat ini.”

Secara khusus, FCC telah mengizinkan SpaceX untuk meluncurkan massa awal 7.500 satelit Starlink Gen2 ke orbit pada 525, 530, dan 535 kilometer, dengan kemiringan masing-masing 53, 43, dan 33 derajat, menggunakan frekuensi Ku-band. pita. . FCC telah menunda keputusan atas permintaan SpaceX untuk mengoperasikan satelit Starlink Gen2 di orbit yang lebih tinggi dan lebih rendah.

Seperti peluncuran Gen2 pertama pada 28 Desember dan 26 Januari, misi Starlink 5-3 hari Kamis menargetkan orbit, yang tingginya 530 kilometer (329 mil) dengan kemiringan 43 derajat ke ekuator.

SpaceX saat ini memiliki sekitar 3.500 satelit Starlink yang beroperasi di luar angkasa, dengan lebih dari 3.100 beroperasi dan hampir 300 bergerak ke orbit operasional, Menurut tabel oleh Jonathan McDowellseorang ahli dalam pelacakan aktivitas penerbangan luar angkasa dan seorang astronom di Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian.

Arsitektur jaringan Starlink generasi pertama mencakup satelit yang terbang pada ketinggian beberapa ratus mil, mengorbit pada kemiringan 97,6°, 70°, 53,2°, dan 53,0° ke ekuator. Sebagian besar peluncuran Starlink SpaceX baru-baru ini telah meluncurkan satelit di Shell 4, dengan kemiringan 53,2 derajat, setelah perusahaan menyelesaikan sebagian besar peluncuran dalam struktur kemiringan 53 derajat pertamanya tahun lalu.

Shell 5 milik Starlink diyakini secara luas sebagai salah satu lapisan orbit kutub konstelasi, dengan kemiringan 97,6 derajat. Tetapi nama dari beberapa misi Gen2 pertama — Starlink 5-1, 5-2, dan 5-3 — tampaknya menunjukkan bahwa SpaceX telah mengubah skema penamaan untuk cangkang Starlink.

Misi Starlink 5-3 membawa 53 satelit di jaringan Starlink Gen2 milik SpaceX. Kredit: Spaceflight Sekarang

Tim peluncuran SpaceX ditempatkan di dalam Firing Room 4 di Launch Control Center Kennedy Space Center untuk hitungan mundur Kamis malam. SpaceX mulai memuat minyak tanah kental dan pendorong oksigen cair ultra dingin ke dalam pesawat ruang angkasa Falcon 9 dalam waktu T-minus 35 menit.

Bahan tekanan helium juga mengalir ke roket dalam setengah jam terakhir hitungan mundur. Dalam tujuh menit terakhir sebelum lepas landas, mesin utama Falcon 9 Merlin dikondisikan secara termal untuk penerbangan melalui prosedur yang dikenal sebagai “chilldown”. Panduan dan sistem keamanan lapangan Falcon 9 juga dikonfigurasi untuk peluncuran.

Setelah lepas landas, roket Falcon 9 menyalurkan daya dorong 1,7 juta pon—diproduksi oleh sembilan mesin Merlin—untuk mengarahkan ke tenggara menuju Samudra Atlantik. SpaceX melanjutkan peluncuran musim dingin ini menggunakan landasan pacu tenggara dari Cape Canaveral, alih-alih mengarah ke timur laut, untuk memanfaatkan kondisi laut yang lebih baik untuk pendaratan tahap pertama pendorong Falcon 9.

Selama musim panas dan musim gugur, SpaceX meluncurkan misi Starlink di lintasan timur laut Space Coast Florida.

Roket Falcon 9 melampaui kecepatan suara dalam waktu sekitar satu menit, kemudian mematikan sembilan mesin utamanya dua setengah menit setelah lepas landas. Tahap booster dipisahkan dari tahap atas Falcon 9, kemudian menembakkan pulsa dari pendorong kontrol gas dingin dan sirip gril titanium yang diperpanjang untuk membantu memandu kendaraan kembali ke atmosfer.

Dua pembakar rem memperlambat rudal saat mendarat di kapal drone “A Shortfall of Gravitas” sekitar 410 mil (660 kilometer) sekitar sembilan menit setelah lepas landas. Booster yang dapat digunakan kembali, yang ditunjuk B1069 dalam inventaris SpaceX, diluncurkan dan mendarat untuk kelima kalinya dalam karirnya Kamis.

Fairing muatan Falcon 9 yang dapat digunakan kembali dibuang selama pembakaran tahap kedua. Kapal penyelamat juga berada di stasiun di Atlantik untuk memulihkan bagian kerucut hidung setelah disemprotkan di bawah parasut.

Pendaratan tahap pertama pada misi hari Kamis terjadi tepat ketika mesin tahap kedua Falcon 9 gagal mengirimkan satelit Starlink ke orbit parkir. Kebakaran mesin tahap atas pendek lainnya menyuntikkan muatan Starlink ke orbit yang lebih melingkar, bermanuver untuk menyebarkan satelit.

Pesawat ruang angkasa 53 Starlink, yang dibangun oleh SpaceX di Redmond, Washington, dipastikan telah terpisah dari roket Falcon 9 sekitar 64 menit setelah lepas landas.

Komputer pemandu Falcon 9 bertujuan untuk menyebarkan satelit ke orbit hampir melingkar pada kemiringan 43 derajat ke ekuator, pada ketinggian antara 202 mil dan 213 mil (325 kali 343 kilometer). Setelah terpisah dari roket, pesawat ruang angkasa 53 Starlink akan membuka susunan surya, menjalankan langkah-langkah aktivasi otomatis, kemudian menggunakan pendorong ion untuk bermanuver ke orbit operasionalnya di ketinggian 329 mil.

Roket: Falcon 9 (B1069.5)

Muatan: 53 satelit Starlink (Starlink 5-3)

Situs peluncuran: LC-39A, Kennedy Space Center, Florida

Tanggal makan siang: 2 Februari 2023

waktu peluncuran: 02:58:20 EST (0758:20 GMT)

Prakiraan Cuaca: lebih besar dari 90% kemungkinan cuaca yang dapat diterima; risiko angin tingkat atas rendah hingga sedang; Mengurangi risiko kondisi yang tidak menguntungkan untuk pemulihan yang lebih baik

Pemulihan dari peningkatan: Kapal drone bernama “A Shortfall of Gravitas” di timur laut Bahama

PELUNCURAN AZIMUT: tenggara

orbit sasaran: 202 mil kali 213 mil (325 kilometer kali 343 kilometer), 43,0 derajat

Luncurkan garis waktu:

  • T+00:00: lepas landas
  • T+01:12: Tekanan Udara Maks (Maks-Q)
  • T+02:28: Penghentian Mesin Utama Fase 1 (MICO)
  • T+02:31: Pemisahan fasa
  • T+02:38: Pengapian mesin tahap kedua
  • T+02:43: Tenang
  • T+06:41: Pengapian pembakar masuk tahap pertama (tiga mesin)
  • T+07:00: Entri afterburner tahap pertama terputus
  • T+08:23: Penyalaan burner tahap pertama (mesin tunggal)
  • T+08:35: Mesin tahap kedua terputus (SECO 1)
  • T+08:44: Pendaratan tahap pertama
  • T+1:03:56: Satelit Starlink terputus

Statistik misi:

  • Peluncuran roket Falcon 9 ke-201 sejak 2010
  • Peluncuran ke-211 keluarga Falcon sejak 2006
  • Peluncuran kelima Falcon 9 Booster B1069
  • Falcon 9 172 diluncurkan dari Florida Space Coast
  • SpaceX 61 diluncurkan dari Platform 39A
  • Peluncuran ke-155 secara keseluruhan dari Platform 39A
  • Penerbangan 142 dari booster Falcon 9 yang digunakan kembali
  • Peluncuran Falcon 9 71 terutama untuk jaringan Starlink
  • Falcon 9 Ketujuh diluncurkan pada tahun 2023
  • Peluncuran kedelapan SpaceX pada tahun 2023
  • Upaya peluncuran orbit keenam dari Cape Canaveral pada tahun 2023