Stigma Negatif ke Penyintas Covid-19 Picu Gangguan Mental
By: Date: 30 Januari 2021 Categories: Info Sehat
Psikolog meminta penyintas jauhi lingkungan yang cap buruk mantan penderita Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR — Psikolog klinis remaja dewasa dari Bali Mental Health Centre, Nena Mawar Sari mengatakan bahwa stigma negatif yang diterima penyintas Covid-19 dapat memicu munculnya gangguan kesehatan mental.

“Tentu stigma negatif terhadap penyintas berupa psikis rendah diri, bisa depresi kalau secara terus menerus, selama keluarga dekat masih support tapi kalau tidak ya bisa jadi mengarah ke depresi, cemas dan sebagainya. Ini akan jadi tambahan lagi selain kena COVID, bisa kena kesehatan mental juga,” kata Nena saat dihubungi di Denpasar, Sabtu (30/1).

Ia mengatakan bahwa agar tidak terjebak dalam pemerasan mental, lebih baik menghindari lingkungan yang tidak sehat bagi kondisi mental. Munculnya gangguan kesehatan mental karena banyak masyarakat yang mulai jenuh terhadap COVID-19 ini.

“Kaitannya dengan pemerasan mental, toxic people yang ada di lingkungan kita alih-alih mau membantu memulihkan dampak psikis penyintas tapi justru membuat stigma baru yang mana efeknya tidak membuat baik kondisi si penyintas tersebut,” jelasnya.

sumber : Antara

Let’s block ads! (Why?)