Suster Ini Buatkan Tangan Palsu untuk Temani Pasien Covid-19 Karantina
By: Date: 22 April 2021 Categories: Life

SALAH satu hal yang harus dihadapi pasien Covid-19 adalah kesendirian. Bahkan, ketika mereka mengalami saat-saat terakhir tidak boleh ada orang yang menemani.

Mereka yang dirawat di rumah sakit juga harus menerima kenyataan bahwa dia harus berjuang tanpa ada orang terkasih di sampingnya. Ya, mereka wajib diisolasi di bangsal dan tidak boleh dijenguk siapapun.

Kondisi ini kerap membuat pasien Covid-19 merasa sendirian dan kesepian. Tak jarang dari mereka mengalami stres dan ingin pulang karena tak tahan dengan kondisi bangsal yang sangat sunyi.

Perawat

Mengetahui masalah tersebut, dua perawat di kota kecil Sao Carlos, di negara bagian Sao Paulo, Brasil, menemukan cara untuk membantu pasien Covid-19 tetap merasa tangannya digenggam meski itu hanya ‘tipuan’ belaka.

Ya, Semei Araújo Cunha dan Vanessa Formenton yang bekerja di ICU RS Santa Felicia memodifikasi sarung tangan latex untuk dijadikan ‘tangan cinta’. Sarung tangan tersebut diisi air hangat yang kemudian dimodifikasi sedemikian rupa sampai akhirnya bisa seperti genggaman tangan manusia sesungguhnya.

Menurut laporan Reuters, Cunha dalam sebuah video mendemonstrasikan bagaimana dia mengenakan ‘tangan cinta’ tersebut ke tangan pasien Covid-19. Sela-sela jari sarung tangan latex disatukan dengan jari si pasien dan itu yang memberi kesan layaknya sentuhan manusia.

“Pasien merasa nyaman, mereka seolah-olah ada yang menggenggam tangannya,” kata Formenton.

Let’s block ads! (Why?)