Tak Hanya Serat, Vitamin Ini Juga Dapat Bantu Atasi Sembelit
By: Date: 25 Maret 2020 Categories: gejala sembelit,Hidup Sehat,Nutrisi,obat sembelit,obat sembelit alami,Sembelit,tanda sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi saat Anda mengalami masalah pada pencernaan sehingga menyebabkan sulit buang air besar. Rata-rata, jika Anda hanya buang air besar sebanyak tiga kali dalam seminggu, kemungkinan besar Anda mengalami sembelit. Untuk mengatasi sembelit, biasanya Anda akan dianjurkan untuk meningkatkan asupan serat. Sayangnya, untuk sebagian orang hal ini bukan hal yang mudah. Lalu, apakah terdapat vitamin untuk mengatasi sembelit?

Jenis vitamin untuk membantu mengatasi sembelit

Jenis vitamin tertentu dapat membantu meringankan sembelit yang dialami. Namun perlu Anda ketahui, sejumlah vitamin malah dapat menyebabkan sembelit. Untuk itu, cermati beberapa vitamin yang dapat membantu meringankan sembelit berikut ini:

1. Vitamin Cvitamin untuk kekebalan tubuh

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dapat membantu mengatasi sembelit. Ketika tubuh sudah cukup mendapat asupan vitamin C, sisa dari vitamin yang tidak terserap akan memberikan efek osmotik pada saluran pencernaan Anda.

Artinya, vitamin C membawa air ke dalam usus, sehingga dapat membantu melembutkan feses. Oleh karena itu, suplemen atau asupan vitamin C tambahan dari makanan dapat membantu meredakan sembelit.

Namun, Anda tetap perlu memperhatikan asupan vitamin C agar tidak berlebih. Efek samping dari kelebihan vitamin C seperti:

  • Diare
  • Mual
  • Kram pada perut

Ditambah lagi, vitamin C dapat membuat tubuh terlalu banyak menyerap zat besi dan hal ini malah dapat membuat sembelit jadi lebih parah.

Dokter tidak merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin C dalam dosis besar untuk membantu mengatasi sembelit, tetapi cukup minum suplemen vitamin C harian.

2. Vitamin B12manfaat vitamin b12

Salah satu tanda yang ditunjukan tubuh saat mengalami defisiensi vitamin B12 adalah masalah pencernaan. Oleh karena itu, terkadang seseorang mengonsumsi vitamin B12 tambahan untuk mengatasi sembelit.

Anda tentu dapat memilih untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin B12 seperti hati sapi dan ikan (salmon dan tuna).

Rata-rata orang dewasa disarankan untuk mendapat asupan vitamin sebanyak 2.4 mikrogram (mcg) per hari dan anak-anak di bawah usia 18 tahun sebanyak 0.4 hingga 2.4 mcg tergantung usia.

3. Vitamin B5

Dilansir dari laman Healthline, Vitamin B5 yang dikenal juga dengan asam pantotenat, merupakan vitamin untuk mengatasi dan meringankan sembelit. 

Meskipun demikian, rekomendasi asupan vitamin B5 tetap perlu dipenuhi. Rekomendasi asupan vitamin B5 untuk orang dewasa adalah 5 mg per hari dan anak-anak berkisar antara 1,7 hingga 5 mg per hari.

4. Vitamin B9 (asam folat)

Vitamin untuk mengatasi sembelit berikutnya adalah vitamin B9 atau lebih dikenal dengan asam folat. Asam folat bekerja dengan cara menstimulasi pembentukan asam pada saluran pencernaan sehingga dapat membantu meringankan sembelit.

Apabila tingkat asam pada saluran cerna rendah dalam jangka waktu tertentu, ini dapat menambah asupan asam folat yang membantu memperlancar pencernaan Anda.

Vitamin B9 atau suplemen asam folat dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi sembelit. Namun, mengonsumsi makanan sumber asam folat lebih dianjurkan. Makanan kaya akan asam folat seringkali disertai serat, sehingga dapat ikut membantu Anda mengatasi sembelit.

5. Mengatasi sembelit dengan mencukupi asupan vitamin B1

Vitamin B1 atau thiamine dapat berpengaruh pada sistem pencernaan. Ketika kadar thiamine rendah, proses pencernaan dapat melambat dan menimbulkan efek konstipasi. Wanita harus mengonsumsi thiamine 1.1 mg setiap harinya sedangkan pria 1.2 mg.

Vitamin untuk dihindari ketika sembelit

Sejumlah vitamin dan mineral memang dapat membantu meredakan sembeli. Di sisi lain, terdapat juga beberapa vitamin dan mineral yang dapat memperparah sembelit seperti:

  • Kalsium: Meski kasus seseorang mengalami kelebihan kalsium jarang ditemukan, kelebihan kalsium hasil dari mengonsumsi vitamin atau suplemen mungkin terjadi dan dapat menyebabkan sembelit.
  • Zat besi: vitamin dan suplemen yang mengandung zat besi pun dapat menyebabkan sembelit. Coba kurangi dosis apabila terjadi sembelit dan kemudian naikan dosis secara perlahan.

Vitamin dibutuhkan tubuh agar dapat bekerja dengan normal. Ketika tubuh tidak mendapatkan vitamin sesuai kebutuhannya, berbagai kondisi kesehatan dapat terjadi, termasuk masalah pencernaan yaitu sembelit.

Baca Juga:

Let’s block ads! (Why?)