Teleskop Hubble Bidik Galaksi Tersembunyi di Bima Sakti, Seperti Apa? – Kompas.com – KOMPAS.com
By: Date: 31 Mei 2022 Categories: Sains

KOMPAS.com – Teleskop Luar Angkasa Hubble menampilkan galaksi spiral IC 342, yang juga dikenal sebagai Caldwell 5.

NASA mengungkapkan, galaksi ini muncul di dekat piringan mutiara Bima Sakti, yang dipenuhi dengan gas kosmik tebal, debu gelap, dan bintang-bintang bercahaya yang mengaburkan pandangan.

Hubble yang memiliki kemampuan inframerah membidik melalui puing-puing. Cahaya inframerah yang kurang tersebar oleh debu, memungkinkan pandangan yang lebih jelas dari galaksi di belakang materi antarbintang.

“Pemandangan pusat galaksi yang berkilauan ini menampilkan sulur-sulur debu yang terjalin dalam lengan spektakuler, yang membungkus inti cemerlang dari gas dan bintang panas,” tulis NASA seperti dikutip dari Space.com, Senin (30/5/2022).

Baca juga: NASA Bagikan Suara dari Lubang Hitam Supermasif di Galaksi Bima Sakti

Inti tersebut merupakan tipe spesifik wilayah yang disebut inti H II-area atom hidrogen yang telah terionisasi.

“Wilayah seperti itu adalah tempat kelahiran bintang yang energik, di mana ribuan bintang dapat terbentuk selama beberapa juta tahun,” ujar NASA.

Bintang-bintang biru mengionisasi atau memberi energi pada hidrogen yang mengelilingi tempat kelahirannya dikarenakan memancarkan sinar ultraviolet.

Lebih lanjut, galaksi ini akan menjadi salah satu galaksi paling terang di langit bumi jika tidak ada begitu banyak debu yang menghalangi.

Adapun IC 342 juga relatif dekat dalam hal galaksi, hanya 11 juta tahun cahaya dari Bumi, sekitar setengah diameter Bima Sakti (50.000 tahun cahaya), membuat ukurannya juga relatif besar.

Sebagai informasi, Hubble telah berada di luar angkasa selama satu generasi dan telah memotret galaksi bumi beberapa kali sebelumnya. 

Baca juga: Kenapa Galaksi yang Kita Tinggali Disebut Galaksi Bima Sakti?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.