Teleskop James Webb mengungkapkan pandangan baru tentang Pilar Penciptaan – Review Bekasi
By: Date: 2 Desember 2022 Categories: Sains

Hampir 30 tahun yang lalu, Pilar Penciptaan mengejutkan dunia astronomi ketika mereka ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA yang terkenal.

Sekarang generasi baru dapat menikmati pemandangan baru dari tontonan yang menghantui setelah James Webb Hyperspace Telescope milik badan antariksa AS senilai $10 miliar (£7,4 miliar) mencitrakan sulur-sulur gas dan debu yang serupa jari.

Menyerupai tangan hantu, Pilar Penciptaan adalah bagian dari Nebula Elang – yang berjarak 6.500 tahun cahaya dari Bumi – dan dikenal sebagai sumber pembentukan bintang.

Minggu ini NASA dan Badan Antariksa Eropa mengungkapkan pandangan lain pada gumpalan dari mata tajam Webb.

Indah: Hampir 30 tahun yang lalu, Pilar Penciptaan mengejutkan dunia astronomi ketika mereka ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA yang terkenal. Sekarang generasi baru dapat menikmati pemandangan baru dari tontonan yang menghantui setelah teleskop ruang angkasa James Webb senilai $ 10 miliar (£ 7,4 miliar) milik badan antariksa AS mencitrakan sulur gas dan debu yang mirip jari yang sama (foto)

Hubble mengambil gambar pertama Pilar Penciptaan pada tahun 1995. Ini memberikan bukti pertama bahwa bintang bisa lahir di dalam pilar.

Apa pilar penciptaan?

Ini adalah salah satu fitur luar angkasa paling ikonik yang pernah tertangkap kamera.

Pilar Penciptaan pertama kali ditangkap oleh Teleskop Hubble NASA pada tahun 1995, kemudian dicitrakan ulang pada tahun 2014.

Sekarang, hampir 30 tahun setelah penampakan pertama kami dari formasi yang menyakitkan, itu telah dicitrakan lagi oleh James Webb Superspace Telescope NASA yang baru.

Pilar Penciptaan, terletak 6.500 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Ular, adalah bagian dari Nebula Elang.

Ia dikenal sebagai sumber penting pembentukan bintang.

Gas dan debu di sulur-sulur seperti tentakel melahirkan bintang-bintang, termasuk banyak yang sangat muda dan beberapa yang sekarang tercitrakan hanya berusia beberapa 100.000 tahun.

Pada gambar Hubble tahun 1995, warna biru melambangkan oksigen, merah melambangkan belerang, dan hijau melambangkan nitrogen dan hidrogen.

Pilar-pilar itu bermandikan sinar ultraviolet yang terik dari sekelompok bintang muda tepat di luar bingkai.

Angin dari bintang-bintang ini perlahan mengikis menara gas dan debu.

Gambar terbaru diambil dalam cahaya inframerah pertengahan, yang mengaburkan kecerahan bintang sehingga hanya menangkap gas dan debu yang mengalir. Ini memberikan cara baru untuk mengalami dan memahami komposisi yang menakjubkan.

Webb memiliki instrumen yang melihat panjang gelombang cahaya inframerah yang berbeda.

Pada bulan Oktober, para ahli merilis gambar Pilar Penciptaan dari Kamera Inframerah Dekat (NIRCam), sebelum dilanjutkan dengan gambar dari Instrumentasi Inframerah Menengah (MIRI).

Mereka sekarang telah menyatukan gambar untuk menghasilkan gambar menghantui yang menampilkan yang terbaik dari kedua tampilan, menampilkan tepi debu yang bersinar di mana bintang-bintang muda baru saja mulai terbentuk.

NIRCam mengungkapkan bintang-bintang yang baru terbentuk berwarna jingga di luar pilar, sedangkan MRI menunjukkan lapisan-lapisan debu dalam formasi.

“Ini adalah salah satu alasan mengapa kawasan ini dipenuhi bintang – debu merupakan komponen kunci pembentukan bintang,” kata NASA.

Ujung jari merah menyala pada pilar kedua menunjukkan pembentukan bintang aktif, tetapi bintang-bintang itu masih bayi — NASA memperkirakan bahwa mereka baru berusia 100.000 tahun.

Dibutuhkan jutaan tahun untuk sepenuhnya terbentuk.

“Dengan menggabungkan gambar Pilar Penciptaan yang ikonik dari dua kamera di Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA, kosmos dibingkai dalam kemuliaan inframerah,” tulis tim Webb.

Mereka mengatakan itu “membakar wilayah pembentuk bintang ini dengan detail baru”.

Ketika simpul gas dan debu dengan massa yang cukup terbentuk di kutub, mereka mulai runtuh karena gravitasinya sendiri, perlahan memanas, dan akhirnya membentuk bintang baru.

“Bintang yang baru terbentuk terutama terlihat di tepi dua pilar atas – mereka praktis terlihat,” kata tim Webb.

Hampir semua yang Anda lihat dalam adegan ini bersifat lokal.

Alam semesta yang jauh sebagian besar tertutup dari pandangan kita oleh medium antarbintang, yang terdiri dari gas dan debu antarbintang yang jarang, dan jalur debu tebal di galaksi Bima Sakti kita sendiri.

“Akibatnya, bintang-bintang menjadi pusat perhatian dalam acara web Pillars of Creation.”

Pilar Penciptaan terletak di konstelasi Ular.

Teleskop Luar Angkasa Super Baru: Webb (foto) memiliki instrumen yang melihat dalam berbagai panjang gelombang cahaya inframerah

Pada bulan Oktober, para ahli merilis gambar Pilar Penciptaan dari Kamera Inframerah Dekat (NIRCam).

Kemudian ikuti dengan gambar dari medium infrared device (MIRI).

Ini berisi gugus bintang muda yang panas, NGC6611, terlihat dengan teleskop sederhana di taman belakang, yang memahat dan menerangi gas dan debu di sekitarnya, menghasilkan lubang dan pilar berongga besar, masing-masing beberapa tahun cahaya.

Gambar Hubble yang diambil pada tahun 1995 mengisyaratkan bahwa bintang-bintang baru lahir di dalam pilar. Karena terhalang debu, gambar cahaya tampak teleskop Hubble tidak dapat melihat ke dalam dan membuktikan bahwa bintang-bintang muda sedang terbentuk.

Kemudian NASA membawa Hubble kembali untuk kunjungan kedua, memungkinkan mereka untuk membandingkan kedua foto tersebut.

Para astronom telah memperhatikan perubahan fitur seperti jet yang melesat dari salah satu bintang yang baru lahir di dalam pilar.

Panjang jet telah tumbuh 60 miliar mil di antara pengamatan, menunjukkan bahwa materi di dalam jet bergerak dengan kecepatan sekitar 450.000 mil per jam.

Teleskop James Webb: Teleskop NASA senilai $10 miliar dirancang untuk mendeteksi cahaya dari bintang dan galaksi tertua

Teleskop James Webb digambarkan sebagai “mesin waktu” yang dapat membantu membuka rahasia alam semesta kita.

Teleskop akan digunakan untuk melihat galaksi pertama yang lahir di alam semesta awal lebih dari 13,5 miliar tahun yang lalu, mengamati sumber bintang, planet ekstrasurya, bahkan bulan dan planet tata surya kita.

Teleskop besar, yang telah menelan biaya lebih dari $7 miliar (£5 miliar), dianggap sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Teleskop James Webb dan sebagian besar instrumennya memiliki suhu sekitar 40 K — sekitar minus 387 Fahrenheit (minus 233 Celcius).

Ini adalah teleskop ruang angkasa terbesar dan terkuat di dunia yang mengorbit, mampu melihat ke belakang 100-200 juta tahun setelah Big Bang.

Observatorium inframerah yang mengorbitnya dirancang sekitar 100 kali lebih kuat dari pendahulunya, Teleskop Luar Angkasa Hubble.

NASA lebih suka menganggap James Webb sebagai penerus Hubble daripada penggantinya, karena keduanya akan bekerja bersama untuk sementara waktu.

Teleskop Hubble diluncurkan pada 24 April 1990, melalui pesawat ulang-alik Discovery dari Kennedy Space Center di Florida.

Ia mengorbit Bumi dengan kecepatan sekitar 17.000 mph (27.300 kph) di orbit Bumi rendah pada ketinggian sekitar 340 mil.