Waspada Cacar Monyet, Warga Jabar Diimbau Perketat PHBS – SINDOnews
By: Date: 26 Mei 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

loading…

Ilustrasi virus cacar monyet. Foto: Istimewa

BANDUNG – Warga Jawa Barat diimbau untuk memperketat perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), seiring kemunculan wabah penyakit cacar monyet atau monkeypox.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Raden Vini Adiani Dewi mengatakan, meski penyakit tersebut belum terdeteksi di Jabar, namun pihaknya terus menyosialisasikan upaya pencegahan.

“Tindak lanjut dari Dinkes Jabar yaitu melakukan tindakan preventif dan sosialisasi, terutama PHBS dan menunggu pedoman dari pemerintah pusat,” kata Vini, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Wali Kota Parepare Imbau Warga Waspadai Cacar Monyet

Menurut Vini, pihaknya belum bisa berkomentar lebih banyak terkait upaya penanganan penyakit tersebut. Pasalnya, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun belum mengeluarkan arahan terkait penanganan penyakit yang sudah mewabah di sejumlah negara di benua Eropa dan Amerika itu.

Baca: WHO: Tak Ada Bukti Virus Cacar Monyet Telah Bermutasi

“Kan penularan penyakit itu seperti cacar biasa, tapi kami juga ini masih menunggu kabar terbaru dari Kemenkes. PHBS tetap harus diterapkan masyarakat Jabar,” tegasnya.

Diketahui, penyakit cacar monyet saat ini sudah mewabah di sejumlah negara Eropa dan beberapa negara bagian Amerika. Hingga saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, ada 14 kasus terkonfirmasi penyakit monkeypox itu.

(san)