WHO: Pandemi Covid-19 Munculkan Campak Jadi Ancaman Global – BeritaSatu.com
By: Date: 24 November 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jenewa, Beritasatu.com – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu (23/11/2022) menyatakan, penyakit campak akan menjadi ancaman global yang disebabkan pandemi Covid-19, yang telah menurunkan cakupan vaksinasi dan melemahnya pengawasan penyakit tersebut.

Campak adalah salah satu virus manusia yang paling menular dan hampir seluruhnya dapat dicegah melalui vaksinasi. Namun, diperlukan cakupan vaksin 95 persen untuk mencegah wabah di antara populasi.

Pandemi Covid-19 telah membuat hampir 40 juta anak melewatkan dosis vaksin campak pada tahun 2021, ungkap WHO dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS dalam laporan bersamanya.

Sementara itu, kasus campak belum meningkat secara dramatis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sekaranglah waktunya untuk bertindak, kata pemimpin campak WHO, Patrick O’Connor, kepada Reuters.

“Kami berada di persimpangan jalan,” katanya.

“Ini akan menjadi 12-24 bulan yang sangat menantang untuk mencoba memitigasi ini.”

Kombinasi faktor-faktor seperti langkah-langkah jarak sosial yang berkepanjangan dan sifat siklus campak dapat menjelaskan mengapa belum ada ledakan kasus meskipun kesenjangan kekebalan melebar, tetapi itu dapat berubah dengan cepat, kata O’Connor, menunjukkan sifat penyakit yang sangat menular. penyakit.

WHO telah melihat peningkatan wabah besar yang mengganggu sejak awal 2022, meningkat dari 19 menjadi hampir 30 pada September, kata O’Connor, menambahkan bahwa dia sangat khawatir tentang bagian sub-Sahara Afrika.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/Reuters