Wujudkan Kepedulian Terhadap Sesama, Eka Hospital Group Gelar Donor Darah bersama Prudential Indonesia
By: Date: 31 Mei 2023 Categories: Uncategorized

Suara.com – Eka Hospital Group bekerjasama dengan Prudential Indonesia serta menggandeng PMI Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan serangkaian kegiatan donor darah. Acara donor darah digelar pada 30 Mei 2023 di Prudential Center Kota Kasablanka, kemudian dilanjutkan pada 31 Mei 2023 di PruTower Setiabudi dan pada tanggal 12-13 Juni 2023 mendatang di PruUniversity Kota Kasablanka. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya mewujudkan rasa kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan.

Salah satu bentuk kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) ini dihadiri oleh direksi Eka Hospital Group, R. Octdy Hendrawan (Direktur Sales Eka Hospital Group), Roosmeiny Kartika (Head of Insurance Eka Hospital Group) serta jajaran direksi Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen (Chief Customer & Marketing Officer  Prudential Indonesia), Ivy Wijaya (Chief Patnership Distrbution Officer Prudential Indonesia) dan Novi Imelda (Chief Investment Officer Prudential Indonesia), Maria Rosalinda (Chief Risk & Compliance Officer Prudential Indonesia), serta seluruh karyawan Prudential yang berpartisipasi melakukan kegiatan donor darah.

Sebelumnya Eka Hospital Group juga tengah menyelenggarakan healthtalk bersama karyawan Prudential mengenai manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh. Dijelaskan oleh dr. Alfonsus Alex selaku narasumber healthtalk bahwa donor darah merupakan proses pengambilan sebagian darah yang kita miliki untuk disumbangkan dan disimpan di bank darah yang sewaktu-waktu dapat dipakai untuk transfusi darah. Donor darah tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan, tetapi juga memberikan manfaat bagi pendonornya.

Penelitian menyebutkan bahwa kegiatan donor darah yang rutin dapat menurunkan risiko kejadian serangan jantung sampai 1/3 kali, terutama pada pria. Beberapa keuntungan lain dari donor darah rutin berdasarkan beberapa penelitian lain adalah menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh, menurunkan kejadian resistensi insulin, serta  meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

Baca Juga: Bikers Brotherhood 1 Persen MC West Java Chapter Gelar Perayaan Ulang Tahun ke-11: Terus Berbakti untuk Negeri

Lebih lanjut dr. Alex juga menjelaskan sejumlah persyaratan donor darah yaitu sehat jasmani dan rohani, calon pendonor harus berusia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, kadar hemoglobin > 12,5gr- 17,0gr, tekanan darah 100-140 mmHg dan 70-90 mmHg. “Selain persyaratan diatas, untuk pendonor wanita dalam keadaan tidak sedang hamil dan menyusui. Pendonor juga tidak sedang mengkonsumsi obat apapun selama 3 hari juga tidak sedang dalam pengobatan, diet ketat, dan pasca operasi,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Sales Eka Hospital Group, R. Octdy Hendrawan menambahkan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian dan sukarela karyawan terhadap sesama bagi yang membutuhkan, karena setetes darah sangat berarti bagi kehidupan orang lain. “Kami berharap setiap langkah kecil yang dibuat oleh Eka Hospital khususnya, dapat mempunyai manfaat serta bisa membantu sesama yang membutuhkan,” katanya menegaskan.

https://www.suara.com/health/2023/05/31/133541/wujudkan-kepedulian-terhadap-sesama-eka-hospital-group-gelar-donor-darah-bersama-prudential-indonesia