1 Desember Hari Apa? Sejarah Hari AIDS Sedunia yang Dimulai 35 Tahun Lalu
By: Date: 30 November 2023 Categories: hari aids sedunia

Suara.com – AIDS adalah salah satu penyakit yang hingga saat ini masih menjadi masalah bagi dunia. Pasalnya, AIDS menjadi penyakit yang membuat penderitanya tidak bisa sembuh. Sebab pentingnya penyakit ini, setiap 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia.

Dibuatnya Hari AIDS Sedunia ini dibuat untuk memberikan dukungan kepada para penderita agar semangat dalam melanjutkan hidupnya. Peringatan ini juga sebagai cara untuk meningkatkan kewaspadaan kepada masyarakat tentang penularan AIDS.

Sejarah Hari AIDS Sedunia

Hari AIDS Sedunia pertama kali ditetapkan pada Agustus 1988 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter. Keduanya merupakan petugas informasi publik untuk Program Global AIDS dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kala itu, penyakit HIV/AIDS menjadi satu hal yang cukup ramai diperbincangkan. Bahkan, banyak stigma negatif yang muncul kepada para penderita AIDS sehingga adanya diskriminasi kepada para pasien.

Ilustrasi Hari AIDS 1 Desember. (Freepik/jcomp)
Ilustrasi Hari AIDS 1 Desember. (Freepik/jcomp)

Oleh sebab itu, Hari AIDS Sedunia dibuat untuk memberikan dukungan kepada penderita sekaligus meningkatkan kewaspadaan serta pengetahuan kepada masyarakat luas. Dalam laman UNAIDS dijelaskan, pada peringatan ini juga terdapat berbagai kampanye berbeda setiap tahunnya.

Kampanye ini disesuaikan dengan tema yang menjadi fokus dalam peringatan Hari AIDS Sedunia. Nantinya berbagai organisasi juga akan melakukan kampanye dan acara untuk memperingati Hari AIDS Sedunia ini.

Di balik pita merah

Tidak hanya itu, dalam peringatan Hari AIDS Sedunia ini juga identik dengan pita merah. Biasanya, orang-orang akan memakai pita merah yang disilangkan dan dipakai di lengan bajunya.

Dikutip dari laman resmi World AIDS Day, pita merah ini merupakan simbol dari kesadaran dan dukungan kepada para penderita. Pita merah ini dibuat pada 1991 oleh seniman sebagai wujud visual AIDS di New York.

Warna merah yang dipilih juga sebagai simbol keberanian, semangat, serta rasa cinta untuk para penderita HIV/AIDS. Bahkan, beberapa organisasi menjadikan pita merah untuk dijual dan keuntungannya akan digunakan donasi para penderita AIDS.

Hari AIDS Sedunia 2023

Untuk Hari AIDS Sedunia 2023 ini memiliki tema ‘Let Communities Lead’. Tema satu ini berfokus agar para komunitas bisa menjadi jembatan untuk melakukan kampanye dan edukasi kepada masyarakat umum.

Hal ini juga membantu para komunitas menghapus berbagai stigma atau pandangan buruk tentang para penderita HIV/AIDS. Selain itu, komunitas ini juga akan mendorong agar kasus AIDS semakin berkurang.

https://www.suara.com/health/2023/11/30/144459/1-desember-hari-apa-sejarah-hari-aids-sedunia-yang-dimulai-35-tahun-lalu