10 Manfaat Almond untuk Ibu Menyusui (ASI Lancar!)
By: Date: 13 Januari 2020 Categories: Kesehatan Umum

Ibu menyusui memerlukan nutrisi yang cukup untuk mendukung laktasi yang secara alami berperan dalam meningkatkan produksi ASI. Salah satu nutrisi alami tersebut terdapat dalam kacang almond, jadi cari tahu apa kandungan almond dan manfaat almond untuk ibu menyusui dalam artikel ini. 

manfaat-susu-almond-untuk-ibu-menyusui-doktersehat

Kandungan Almond 

Almond dipercaya dapat meningkatkan lataksi pada ibu hamil karena almond memiliki kandungan galactagogues, yaitu zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi ASI secara alami dan efektif. 

Selain kandungan galactagogues, berikut ini adalah kandungan almond lainnya yang bermanfaat untuk ibu hamil dan bayi, yaitu: 

  • Rendah kalori 
  • Protein 
  • Vitamin E
  • Vitamin D
  • Vitamin A
  • Vitamin B12 
  • Kalsium 
  • Natrium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Serat
  • Asam folat 
  • Antioksidan
  • Asam lemak omega 3 

Selain itu, almond juga tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh yang berbahaya. Semua kandungan tersebut sangat menyehatkan bagi perkembangan bayi dan ibu menyusui. 

Manfaat Almond untuk Ibu Menyusui 

Almond adalah jenis kacang-kacangan yang aman dikonsumsi bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Almond juga memiliki banyak manfaat dan direkomendasikan sebagai sumber alami untuk meningkatkan produksi ASI serta perkembangan bayi. 

Berikut ini adalah manfaat almond untuk ibu menyusui, yaitu: 

1. Meningkatkan Produksi ASI 

Almond mengandung asam lemak omega 3 dan kandungan galactagogues yang berperan untuk merangsang hormon yang meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ASI pada ibu menyusui. 

Bila Anda mengalami masalah pada produksi ASI yang sedikit, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi kacang almond utuh atau dalam olahan susu almond untuk memperlancar ASI. 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Almond mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Mengonsumsi kacang almond utuh atau susu almond secara teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit, infeksi, paparan virus dan bakteri, serta mempercepat pemulihan pasca melahirkan dan menjaga kesehatan bayi Anda. 

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil dan Nutrisinya

3. Menjaga Kesehatan Kulit 

Almond juga dimanfaatkan sebagai bahan utama beberapa produk kecantikan karena mengandung vitamin A, vitamin E, dan antioksidan alami untuk kesehatan kulit. 

Kandungan tersebut berperan untuk mengatasi radikal bebas, melawan stres oksidatif, menjaga kesehatan kulit, mencerahkan kulit, dan mencegah penuaan dini. Karena itu, almond menjadi alternatif paling efektif agar ibu menyusui yang sibuk mengurus bayi agar tetap dapat menjaga kecantikan kulitnya. 

4. Menjaga Kesehatan Tulang 

Susu almond juga memiliki kandungan yang sama dengan susu sapi, yaitu kalsium dan fosfor yang berperan untuk membantu perkembangan tulang agar lebih sehat dan kuat.

Kalsium juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan otot, saraf, dan sel agar dapat bekerja secara normal pada tubuh dan perkembangan bayi. 

5. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu

Umumnya, ibu menyusui akan disibukkan untuk mengurus bayi hingga mungkin tidak memiliki waktu untuk memerhatikan pola makan dan kesehatannya sendiri yang padahal itu sangat penting baik untuk ibu dan bayi. 

Apabila ibu tidak memenuhi nutrisi yang dibutuhkan, itu akan menghambat produksi ASI dan berisiko menurunkan daya tahan tubuh jadi mudah sakit. Untuk mengatasinya, ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi almond sebagai camilan yang sehat, lezat, dan praktis karena almond mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral. 

6. Menurunkan Berat Badan 

Masalah umum yang dialami oleh ibu pasca melahirkan adalah mereka mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis dan tidak tahu bagaimana cara mengembalikan bentuk tubuh ideal, namun kondisi tersebut dapat diatasi dengan rajin mengonsumsi susu almond. 

Susu almond dapat memiliki efek kenyang lebih lama sehingga Anda mungkin tidak menginginkan makanan lain. Susu almond juga dapat melancarkan metabolisme yang efektif untuk menurunkan berat badan secara alami. 

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Almond untuk Tubuh

7. Menambah Energi 

Manfaat susu almond untuk ibu menyusui adalah sebagai sumber energi yang kaya dan mudah didapat. Kandungan alami dari kacang almond dapat membantu Anda mengatasi kelelahan dari segala aktivitas mengurus bayi dan melakukan banyak pekerjaan di waktu yang sama. 

8. Mendukung Tumbuh Kembang Bayi 

Ginekolog merekomendasikan ibu menyusui untuk makan almond utuh secara rutin karena almond mengandung protein dan kalsium yang secara efektif mendukung proses pertumbuhan bayi. 

Selain almond, kacang kenari juga termasuk dalam jenis kacang-kacangan terbaik untuk camilan ibu menyusui. 

9. Mempercepat Proses Pemulihan Pasca Melahirkan 

Khasiat kacang almond selanjutnya adalah untuk mempercepat proses pemulihan ibu pasca melahirkan karena almond mengandung nutrisi penting seperti Vitamin E, Vitamin B2, B3, B1, dan juga sumber mineral seperti magnesium, tembaga, fosfor, kalsium, besi, dan zinc. 

10. Membantu Mengontrol Tekanan Darah Tinggi 

Ibu menyusui juga harus memerhatikan tekanan darahnya. Kandungan kacang almond mengandung magnesium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Itulah manfaat susu almond untuk ibu menyusui. Almond memiliki nutrisi yang penting untuk fase laktasi Anda, namun Anda harus tetap berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsinya. 

Baca Juga: Ini 3 Manfaat Minyak Almond, Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

Apakah Susu Almond Aman Saat Menyusui?

Anda mungkin bertanya-tanya apakah susu almond aman dikonsumsi untuk ibu menyusui. 

Susu almond memang memiliki banyak manfaat, namun Anda tetap harus berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi susu almond dalam pola makan Anda. Selain itu, mengonsumsinya secara berlebihan mungkin menimbulkan efek samping bagi Anda dan bayi. 

Sumber: 

  1. Saha, Ria. 2019. Is It Safe To Drink Almond Milk While Breastfeeding?. https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-drink-almond-milk-while-breastfeeding_00366444/#gref. (Diakses pada 13 Januari 2020).
  2. Saha, Ria. 2019. 6 Health Benefits Of Eating Almonds While Breastfeeding. https://www.momjunction.com/articles/almonds-while-breastfeeding_00366327/#gref. (Diakses pada 13 Januari 2020).
  3. Leech, Joe, MS. 2018. 9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds. https://www.healthline.com/nutrition/9-proven-benefits-of-almonds. (Diakses pada 13 Januari 2020).

Let’s block ads! (Why?)