10 Obat Herbal Alami Darah Tinggi untuk Mengobati Hipertensi – SehatQ
By: Date: 26 Januari 2023 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Selain obat-obatan medis dari dokter, ada juga beberapa obat herbal darah tinggi yang bisa dicoba. Meski demikian, kita tidak boleh asal mengonsumsi berbagai jenisnya. Sebab, ada risiko efek samping yang tetap harus diwaspadai.

Advertisement

Lantas apa saja obat alami darah tinggi yang dinilai efektif mengatasi hipertensi? Berikut daftar selengkapnya.

Daftar obat herbal darah tinggi 

Layaknya tanaman herbal lainnya, obat herbal darah tinggi untuk mengobati penyakit hipertensi tidak bisa dijadikan pengobatan utama. Berkonsultasi dengan dokter dan menjalani hidup sehat adalah kunci dalam penyembuhan tekanan darah tinggi.

Selain itu, kenali juga penjelasan ilmiah beserta riset yang memperkuat klaim keampuhan berbagai tanaman herbal darah tinggi ini. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi risiko terkena efek sampingnya.

Berikut adalah daftar obat penurun darah tinggi alami yang bisa dicoba:

1. Daun basil

Daun basil termasuk dalam golongan obat tradisional penurun darah tinggi yang bisa dicoba. Manfaat daun basil untuk hipertensi tidak lepas karena kandungan eugenol di dalamnya yang terbukti bisa mencegah penyempitan pembuluh darah. 

Namun sayangnya, penelitian manfaat daun basil untuk obat herbal darah tinggi masih dilakukan pada uji hewan. . Riset lebih lanjut yang mengkaji manfaatnya pada manusia masih diperlukan. 

2. Kayu manis

Kayu manis dianggap sebagai obat penurun tensi  tinggi yang ampuh mengatasi hipertensi. Penelitian pada hewan uji membuktikan bahwa kayu manis mampu bertindak sebagai herbal darah tinggi pada tikus. 

Selain itu, ekstrak kayu manis yang digunakan dalam penelitian itu diberikan lewat infus. Jadi, para ahli belum yakin efektivitas mengonsumsinya secara oral akan memberikan efek yang sama.

3. Kapulaga

Terkenal sebagai bumbu penyedap makanan di Indonesia dan India, kandungan antioksidan dalam kapulaga disebut dapat menjadi salah satu obat herbal darah tinggi.. Selain itu, kapulaga juga berperan sebagai penghambat saluran kalsium dan diuretik yang bisa mengurangi tekanan darah tinggi. 

Diuretik adalah senyawa yang membantu menghilangkan penumpukan air dalam tubuh melalui buang air kecil. Sebuah penelitian membuktikan, 20 responden mengalami penurunan tekanan darah tinggi setelah mengonsumsi kapulaga sebanyak 1,5 gram (dalam satu hari) selama 12 minggu.

4. Biji rami

Biji rami adalah herbal darah tinggi yang bisa mengatasi hipertensi karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Omega-3 adalah nutrisi yang bisa menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida. Asam ini juga menghambat pembentukan plak lemak yang bisa menyumbat pembuluh darah arteri dan memicu hipertensi. 

Sebuah laporan menunjukkan, mengonsumsi 30-50 gram biji rami per hari selama 12 minggu akan menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengobati hipertensi.

5. Bawang putih

Manfaat bawang putih sebagai bumbu dapur dan menyehatkan tubuh sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Namun, apakah kemampuannya sebagai herbal darah tinggi sudah terbukti atasi darah tinggi?

Ketahuilah, bawang putih bisa membantu tubuh memproduksi lebih banyak nitrogen oksida untuk mencegah ketegangan pada pembuluh darah. Karena inilah, bawang putih dianggap sebagai herbal darah tinggi yang bisa mengatasi hipertensi.

Bawang putih juga mengandung senyawa belerang, seperti allicin yang bisa melancarkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah agar tidak tegang. Manfaatnya, tekanan darah menjadi lebih stabil dan kesehatan jantung terjaga. 

6. Jahe

Jahe juga bisa menjadi salah satu obat herbal darah tinggi. Menurut penelitian dalam Phytotherapy research, jahe dapat bekerja sebagaimana obat darah tinggi, dengan bertindak sebagai beta calcium blocker channel alami dan menghambat enzim yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon angiotensin II. 

Ini adalah hormon yang bisa sebabkan penyempitan pada pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. 

7. Hawthorn

Hawthorn adalah salah satu bahan alami untuk hipertensi. Meski masih sulit ditemukan penelitian yang menjelaskan cara kerja hawthorn dalam menurunkan tekanan darah, ada beberapa studi yang sudah mendukung manfaat ini. 

Dalam sebuah penelitian, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumi ekstrak hawthorn selama 4 bulan mengalami penurunan tekanan darah diastolik. Namun, kandungan herbal ini diketahui juga dapat berinteraksi dengan obat darah tinggi, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji efek sampingnya. 

8. Benih seledri

Di Tiongkok, benih seledri telah digunakan sebagai herbal darah tinggi yang dipercaya mampu mengatasi hipertensi. Beberapa penelitian pada hewan uji juga membuktikan, benih seledri berpotensi efektif dalam mengatasi tekanan darah tinggi. 

Para ahli percaya, kandungan tinggi serat dan senyawa di dalamnya yang bisa menjadi beta calcium blockers channel alami yang bermanfaat untuk mengobati darah tinggi. 

9. Thyme

Salah satu tanaman herbal yang bermanfaat sebagai obat alami darah tinggi adalah thyme. Herbal ini mengandung asam rosmarinic yang bisa mengurangi peradangan, menurunkan kadar gula darah, hingga meningkatkan sirkulasi darah yang bermanfaat untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil. 

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi kandungan asam rosmarinic bisa membantu mengurangi tekanan darah sistolik dengan cara menghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor). 

ACE adalah molekul yang mempersempit pembuluh darah dan bisa meningkatkan tekanan darah. Dengan demikian, mengonsumsi makanan yang mengandung zat penghambat ACE secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah.

10. Cakar kucing cina

Cakar kucing cina adalah salah satu obat tradisional Tiongkok yang terkenal efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya darah tinggi. 

Cakar kucing cina mengandung senyawa hirsutisme dan rhynchophylla berperan sebagai beta calcium blockers channel yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, cakar kucing cina juga bisa merangsang pelebaran pembuluh darah yang bisa mencegah hipertensi. 

Namun, penelitian ini masih terbatas hanya pada uji hewan. Masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji manfaatnya pada manusia.

Sebuah penelitian pada hewan uji membuktikan kalau cakar kucing bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa dalam cakar kucing bekerja pada saluran kalsium di sel tubuh.

Cara mencegah hipertensi

Bagi Anda yang beruntung dan tidak mengidap tekanan darah tinggi, pertahankanlah kondisi tersebut. Ada berbagai cara mencegah tekanan darah tinggi yang sebenarnya bisa dengan mudah dilakukan, yaitu dengan memperbaiki gaya hidup seperti:

  • Mengurangi asupan garam
  • Mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah
  • Lebih aktif bergerak
  • Berolahraga
  • Menghindari kebiasaan merokok
  • Menghindari alkohol
  • Membatasi makanan berlemak jenuh
  • Mengurangi makanan dengan lemak trans

Jika dipikir-pikir, berbagai cara mencegah tekanan darah tinggi di atas tidak sulit dilakukan. Oleh karena itu mulai sekarang, bulatkan tekad untuk hidup lebih sehat!

Dengan mencegah tekanan darah tinggi, risiko penyakit mematikan seperti penyakit jantung, stroke, dan kerusakan ginjal juga bisa terhindari.

Obat tekanan darah tinggi yang diresepkan dokter 

Ingat, berbagai obat herbal darah tinggi yang dipercaya sebagai obat alami hipertensi di atas bukanlah obat utama dalam mengatasi kondisi tersebut. Berkonsultasi ke dokter serta menjalani gaya hidup sehat adalah solusi terbaik untuk mengatasi darah tinggi yang Anda alami.

Untuk mengobati darah tinggi, dokter mungkin akan meresepkan beberapa jenis obat hipertensi seperti:

  • Diuretik
  • Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitors
  • Calcium channel blockers
  • Beta blockers
  • Renin inhibitor
  • Alpha blockers
  • Alpha-beta blockers
  • Central-acting agents
  • Vasodilator
  • Aldosterone antagonist

Anda mungkin perlu minum obat tekanan darah tinggi seumur hidup. Namun, dokter mungkin dapat mengurangi atau menghentikan pengobatan tersebut jika tekanan darah dapat tetap terkendali selama beberapa tahun hanya dengan pola makan untuk hipertensi.

Sangat penting untuk minum obat sesuai petunjuk dokter.  Pasalnya, jenis obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dapat memiliki efek samping.

Jika Anda mendapatkan efek samping, jangan berhenti minum obat. Bicaralah dengan dokter agar obat darah tinggi Anda dapat diganti dengan jenis yang lain.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.