10 Penyebab Buah Zakar Sakit ketika Disentuh, Bisa Cedera hingga Batu Ginjal Loh! : Okezone health – Okezone
By: Date: 18 Oktober 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

10 Penyebab Buah Zakar Sakit ketika Disentuh mungkin banyak pria yang tidak mengetahuinya. Buah zakar atau testi merupakan salah satu bagian paling sensitif dari tubuh pria, karena seluruh area ini dipenuhi dengan saraf.

Nyeri buah zakar dapat berkisar dari nyeri yang tiba-tiba dan tajam dan intens hingga nyeri tumpul. Ini bisa menjadi keadaan darurat, karena sesuatu yang menghalangi aliran darah ke testis. Umumnya, penyebab umum nyeri buah zakar bisa karena olahraga bersepeda jauh atau trauma pada pangkal paha, tetapi sumber nyeri testis lainnya mungkin lebih sulit didiagnosis.

Apa saja yang bisa menjadi buah zakar sakit ketika disentuh? Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Buoyhealth, Selasa (18/10/2022).

1. Epididimitis: Infeksi bakteri yang berasal dari infeksi menular seksual (IMS) atau infeksi saluran kemih (ISK). Ketika mengalami masalah ini, dokter akan langsung melakukan pemeriksaan fisik, tes urin, tes darah, dan lainnya. Epididimitis bisa diobati dengan antibiotik.

2. Torsio testis: Seseorang yang mengalami torsio testis biasanya akan mengalami nyeri buah zakar secara tiba-tiba, akan terjadi pembengkakan di selangkangan dan membuat buah zakar sakit saat disentuh. Meski gejala hilang, torsi biasanya bisa sembuh dan datang lagi. Akhirnya, torsio testis dapat mencegah darah beredar, menyebabkan kematian jaringan dan bahkan hilangnya testis.

3. Hidrokel: Pembengkakan yang terjadi ketika cairan terkumpul di dalam selubung tipis skrotum. Testis awalnya berkembang di perut dan bergerak turun ke skrotum, meninggalkan jalan bagi cairan perut untuk terkumpul di skrotum. Hidrokel umum terjadi pada bayi baru lahir dan sering hilang dengan sendirinya. Mungkin tak ada gejala dengan hidrokel pada awalnya. Tetapi saat testis membengkak, akan membuat tidak nyaman dan rasanya sangat menyakitkan.

 

(10 Penyebab Buah Zakar Sakit ketika Disentuh, Foto: Freepik)