11 Manfaat Cranberry untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya
By: Date: 17 Oktober 2019 Categories: Informasi Kesehatan,Kesehatan Umum,manfaat buah cranberry,manfaat buah cranberry kering,manfaat cranberry
manfaat cranberry-doktersehat

DokterSehat.com – Cranberry adalah salah satu jenis buah beri-berian yang tumbuh di Amerika Utara. Buah cranberry ini memiliki rasa yang sedikit asam namun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Ketahui apa saja manfaat cranberry, kandungan nutrisi, dll.

Kandungan Nutrisi Buah Cranberry

Cranberry adalah buah beri yang berbentuk kecil, bulat, dan memiliki warna merah. Cranberry atau yang memiliki nama latin Vaccinium macrocarpon umumnya jarang dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang begitu asam, namun cranberry dapat diolah menjadi jus, kismis, ekstrak buah, buah kering, dan suplemen.

Sebelum menikmati cranberry, ketahui terlebih dahulu kandungan nutrisi buah cranberry. Buah cranberry segar mengandung:

  • 46 kalori
  • 0 gram lemak
  • 12 gram karbohidrat
  • 4 gram serat
  • 4 gram protein
  • 0,002 gram sodium
  • 25% vitamin C
  • 9% vitamin A
  • 2% potasium
  • 1% kalsium
  • Antioksidan

Kandungan nutrisi buah cranberry segar berbeda dengan buah cranberry kering karena cranberry kering biasanya sudah ditambah lebih banyak gula. Anda harus mengecek di balik kemasan dari produk cranberry kering atau jus cranberry yang Anda beli untuk memastikan kandungan nutrisinya.

Manfaat Cranberry

Buah cranberry sangat kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Cranberry juga kaya akan antioksidan, karena itulah cranberry memiliki kulit berwarna merah.

Beberapa pihak juga memberi label “superfood” pada buah cranberry ini karena banyak sekali manfaat buah cranberry untuk kesehatan, berikut ini:

  1. Mengatasi Infeksi saluran kemih

Manfaat cranberry yang paling populer adalah untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Cranberry memiliki kandungan Proanthocyanidins antioksidan yang berperan agar bakteri-bakteri penyebab infeksi tidak menempel di dinding kemih.

Sebuah penelitian di Fakultas Kedokteran Pusat Ilmu Kesehatan A&M Texas di Houston mengungkapkan jawaban semetara bahwa dibutuhkan konsentrasi Proanthocyanidins antioksidan yang sangat tinggi di buah cranberry untuk mencegah infeksi saluran kemih tersebut.

Baca Juga: Ekstrak Buah Cranberry Diyakini Mampu Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

  1. Mencegah Kanker

Cranberry mengandung antioksidan yang berperan sebagai anti-kanker dan anti-inflamasi serta memperlambat perkembangan sel-sel tumor. Berdasarkan penelitian, nutrisi di buah cranberry memiliki efek positif pada kanker prostat, hati, payudara, usus besar, dan ovarium.

  1. Melawan Radikal Bebas

Manfaat cranberry yang selanjutnya adalah untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan organ-organ manusia, serta memicu berkembangnya sel-sel kanker.

Sebuah studi di tahun 2011 membuktikan bahwa buah cranberry segar memiliki antioksidan aktif dengan pH yang lebih rendah, hal itu berarti kandungan pada buah cranberry dapat melawan radikal bebas.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah cranberry memiliki kandungan Polifenol yang berpotensi untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2011 menemukan bahwa orang yang minus jus cranberry memiliki tensi LDL atau kolesterol jahat yang lebih rendah. Penelitian lainnya di tahun yang sama menemukan bahwa jus cranberry berpotensi untuk meningkatkan kesehatan pada penderita arteri koroner.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sebuah studi dari Journal of Science of Food and Agriculture menemukan bahwa kandungan phytochemical di cranberry dapat menghambat produksi bakteri H. pylori untuk menjaga kesehatan pencernaan, namun penelitian lebih dalam harus tetap dikembangkan demi membuktikan data yang valid.

  1. Mencegah Infeksi

Manfaat cranberry yang selanjutnya adalah untuk mencegah infeksi. Sebuah penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa cranberry dapat menghambat perkembangan tujuh bakteri dan melawan virus-virus yang menyebabkan keracunan makanan, namun penelitian ini masih terus dikembangkan.  

  1. Kesehatan Pasca-Menopause

Terdapat manfaat buah cranberry kering untuk menjaga kesehatan pasca menopause. Penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi buah cranberry setiap hari dapat mengurangi kolesterol, khususnya pada orang yang sudah menopause dimana risiko gangguan pada jantung lebih tinggi dibandingkan orang yang belum menopause.

Baca Juga: Buah Berry: Manfaat, Nutrisi, Jenis, dll

  1. Kesehatan Gigi dan Mulut

Nah, manfaat cranberry juga baik untuk merawat kesehatan mulut. Kandungan di buah cranberry membantu dalam mengontrol asam di mulut Anda serta mengurangi kadar asam yang umumnya menempel di gigi. Hal ini akan mendukung kesehatan gigi dan mulut.

Penelitian di Center for Oral Biology and Eastman Department of Dentistry at the University of Rochester Medical Center juga menemukan bahwa buah cranberry dapat mencegah gigi berlubang, kerusakan gigi, penyakit gusi, hingga kanker mulut.

  1. Kekebalan Tubuh

Manfaat buah cranberry kering sebagai sumber untuk mencegah kekebalan tubuh.

Cranberry mengandung vitamin C yang memproduksi kolagen. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh Anda, juga berfungsi untuk kesehatan sendi, kulit, dan proses penyembuhan secara umum.

  1. Sirkulasi Aliran Darah 

Manfaat buah cranberry selanjutnya adalah untuk memperlancar sirkulasi darah serta membantu menurunkan tekanan darah. Sirkulasi darah yang lancar juga akan menambah energi dan fungsi kognitif.

  1. Tinggi Antioksidan

Penelitian membuktikan bahwa kandungan fenol yang merupakan salah satu tipe antioksidan di buah cranberry adalah kandungan antioksidan tertinggi dibandingkan dengan 20 jenis buah serupa.

Kandungan tersebut berpotensi untuk berbagai kondisi kesehatan, daftar manfaat cranberry lainnya:

  • Mencegah penyakit hati
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menurunkan tekanan darah

Nah, itulah manfaat buah cranberry untuk kesehatan Anda. Anda dapat mengkonsumsi buah berry dalam olahan jus cranberry, kismis cranberry, atau suplemen cranberry. Disarankan untuk memilih jus cranberry tanpa pemanis buatan agar tidak mengurangi potensi manfaat buah cranberry.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Blackberry yang Tidak Boleh Diabaikan

Efek Samping Cranberry

Terdapat banyak manfaat buah cranberry untuk kesehatan, namun Anda harus juga memerhatikan efek samping cranberry yang mungkin terjadi. Buah cranberry mungkin akan berinteraksi dengan beberapa obat tertentu, seperti:

  • Warfarin
  • Siklosporin
  • Flurbiprofen
  • Diklofenak
  • Amoksisilin
  • Ceflacor
  • Midazolam
  • Tizanidine

Produk olahan buah cranberry juga memiliki risiko pembentukan batu ginjal. Bila Anda memiliki riwayat batu ginjal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum jus cranberry.

Buah cranberry segar mungkin tidak terlalu populer dan agak sulit untuk mendapatkannya di pasaran Indonesia. Anda dapat mengkonsumsi dan mendapatkan manfaat cranberry untuk kesehatan dari olahan buah cranberry seperti jus, buah kering, kismis, atau pil cranberry. 

 

Sumber:

  • Ware, Megan RDN, LD. 2017. Everything you need to know about cranberries. https://www.medicalnewstoday.com/articles/269142.php. (Diakses pada 17 Oktober 2019).
  • Villines, Zawn. 2018. What are the health benefits of cranberry juice?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322731.php. (Diakses pada 17 Oktober 2019).
  • WebMD. 2019. Health Benefits of Cranberries. https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-cranberries#1. (Diakses pada 17 Oktober 2019).
  • Goldman, Rena. 2019. Get the Facts: The Health Benefits of Cranberry Juice. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/cranberry-juice-benefits#source-for-vitamin-c-and-e. (Diakses pada 17 Oktober 2019).
  • Sass, Cynthia MPH, RD. 2019. 6 Health Benefits of Cranberries. https://www.health.com/nutrition/health-benefits-of-cranberries. (Diakses pada 17 Oktober 2019).

Let’s block ads! (Why?)