18 Januari Ada Asteroid Besar Mendekat ke Bumi, Berbahaya? – Jawa Pos
By: Date: 16 Januari 2022 Categories: Sains

Sebuah asteroid besar dilaporkan akan terbang melintasi Bumi pada 18 Januari mendatang. Asteroid itu diperkirakan memiliki lebar satu kilometer (3.451 kaki). Ukuran yang jelas besar untuk sebuah benda ruang angkasa.

Asteroid tersebut bahkan jika dibandingkan besarnya dikatakan sebanding dengan ukuran dua kali Empire State Buildings atau delapan kali luas tugu Monas. Dengan besarnya, apakah asteroid ini berbahaya saat mendekat Bumi?

Dilansir via LiveScience, batu ruang angkasa ini akan meluncur tanpa membahayakan melewati Bumi. Asteroid ini dikenal sebagai (7482) 1994 PC1, akan lewat pada titik terdekatnya pada 18 Januari mendatang.

Asteroid ini bergerak dengan kecepatan 43.754 mph (70.415 km/jam) dan meluncur melewati Bumi pada jarak 0,01324 unit astronomi atau sekitar 1,2 juta mil (hampir 2 juta kilometer), menurut Solar System Dynamics (SSD) NASA JPL-Caltech.

Jarak sedemikian memang bisa dikatakan aman. Tapi menurut standar kosmik, jarak tersebut cukup dekat dengan objek sebesar itu. Asteroid (7482) 1994 PC1 berukuran sekitar 3.609 kaki (1.100 meter), dan meskipun tidak ada bahaya tabrakan dengan Bumi, NASA mengklasifikasikan asteroid sebagai objek yang berpotensi berbahaya.

Istilah ini menggambarkan asteroid yang berukuran lebih dari 460 kaki (140 m) panjangnya dan memiliki orbit yang membawanya dalam jarak 4,6 juta mil (7,5 juta km) dari orbit Bumi mengelilingi matahari, menurut Asteroid Watch NASA. Asteroid yang mendekat juga merupakan bagian dari kategori batuan ruang angkasa yang lebih besar yang dikenal sebagai objek dekat Bumi (NEO), yang melintas dalam jarak sekitar 30 juta mil (50 juta km) dari jalur orbit Bumi.

Program Pengamatan NEO NASA menemukan, mengidentifikasi, dan mengkarakterisasi objek-objek ini; teleskop survei telah menemukan sekitar 28.000 NEO yang berdiameter setidaknya 460 kaki, dan sekitar 3.000 penampakan baru ditambahkan setiap tahun, menurut Center for Near Earth Object Studies (CNEOS).

“Tetapi karena teleskop survei yang lebih besar dan lebih maju meningkatkan pencarian selama beberapa tahun ke depan, peningkatan penemuan yang cepat diharapkan,” menurut CNEOS.

Setelah pengamat mendeteksi asteroid atau komet dekat Bumi, para ilmuwan menganalisis orbit objek tersebut untuk menilai seberapa dekat objek tersebut dengan Bumi. NASA menyebut, .eskipun ribuan asteroid dan komet saat ini beredar di sekitar tata surya, objek dalam database CNEOS tidak menimbulkan ancaman dampak serius selama 100 tahun ke depan atau lebih.

Astronom Robert H. McNaught adalah orang pertama yang menemukan asteroid (7482) 1994 PC1, pada 9 Agustus 1994. Ilmuwan lain kemudian melacak perjalanan sebelumnya melalui lingkungan kosmik kita dengan menggunakan pengamatan McNaught untuk menghitung jalur orbit, kecepatan, dan lintasan asteroid.

Mereka menemukan bahwa asteroid mengorbit matahari setiap 572 hari sekali, dan mereka mendeteksi pengunjung dalam gambar teleskop kembali ke tahun 1974, menurut EarthSky.

Dan pada 18 Januari, jika visibilitas bagus, asteroid akan cukup terang untuk dilihat di lokasi langit gelap di malam hari dengan teleskop rumahan biasa. Terakhir asteroid ini sangat dekat dengan bumi adalah pada 17 Januari 1933 silam.

Tahun itu, batu ruang angkasa berlayar melewati Bumi pada jarak sekitar 699.000 mil (1,1 juta km), dan itu tidak akan datang yang dekat dengan kita lagi sampai 2105, menurut SSD. (jpg)